Palu (Antara Bali) - Wisata menyelam di kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sangat terkenal di kalangan para pecinta olahraga selam di Eropa sehingga frekuensi kunjungan mereka tinggi dan waktu tinggalnya lama.

Seorang warga Jerman,  Inge Eberl (50), Rabu, mengatakan, sudah dua kali datang dan menginap di Prince John Dive Resort, Donggala, untuk merayakan hari ulang tahunnya  sekaligus menikmati keindahan bawah laut Donggala yang terkenal indah coral dan ikan-ikannya.

"Kali ini kedatangan yang ke-2 kalinya ke Donggala untuk merayakan HUT ke-50 bersama pacar," kata Inge, asal Bavaria Jerman, yang menjamu makanan untuk semua tamu di Prince John Dive resort, yang dikelola dan dimiliki oleh pasangan Indonesia-Jerman.

Inge dan pacarnya datang ke Donggala untuk menyelam selama dua minggu. Hal senada dikemukakan oleh turis asal Jerman, Erika Oltmans, 62 tahun, bahwa Donggala sangat terkenal sebagai destinasi menyelam di kalangan para penyelam Eropa.

"Saya wisata ke Indonesia selama 23 hari. Sebelum menyelam ke Donggala, saya telah menyelam ke Bunaken dan Lembeh Bitung, Sulawesi Utara," katanya.

Erika, seorang pensiunan pekerja farmasi di Jerman, mengatakan, ia sudah sering datang ke Indonesia untuk menyelam. Sebelum ini, ia pernah menyelam di Raja Ampat, Papua, kemudian di Lombok dan Bali.

Mengenai lokasi menyelam di Donggala, ia mengatakan, lokasi menyelam cukup bagus. Terumbu karangnya masih terjaga dengan baik, ikan-ikan juga banyak dan cantik-cantik. Ia mengaku melihat dan bertemu dengan ikan hiu, penyu. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013