Pembukaan Bulan Bung Karno Ke-6 Tahun 2024 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila di Tabanan, Bali, diawali dengan lomba gerak jalan Pramuka Penggalang tingkat SMP.

Perlombaan itu dimulai dari Taman Bung Karno Tabanan sampai di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Sabtu.

Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Riza Taufiq Hasan sesaat sebelum perlombaan gerak jalan menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang mengambil tema "Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" menyiratkan makna merayakan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa menyongsong Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu, membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara," katanya.

Riza menjelaskan Pancasila harus senantiasa dijiwai dan menjadi pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Sementara itu, kegiatan pelepasan lomba gerak jalan penggalang yang diikuti 38 SMP Se-Kabupaten Tabanan dimulai dari Kantor Bupati Tabanan dan selesai di Gedung Kesenian I Ketut Marya.

Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila mengatakan perayaan Bulan Bung Karno merupakan momentum penting yang patut diingat karena sila-sila dalam Pancasila merupakan hasil gagasan dari Bung Karno.

Oleh karena itu, peringatan Bulan Bung Karno juga untuk memperingati hari lahirnya dan hari wafatnya Bung Karno sebagai Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dalam perayaan Bulan Bung Karno saat ini di Tabanan, rangkaian acara dimulai hari ini dengan kegiatan lomba gerak jalan Pramuka Penggalang yang bertujuan menggelorakan semangat patriotisme Bung Karno di hati adik-adik Penggalang sebagai penerima tongkat kepemimpinan di masa yang akan datang," katanya.

Susila juga memberikan apresiasi sekaligus ungkapan terima kasih kepada para panitia perayaan Bulan Bung Karno 2024 yang telah memberikan kesempatan kepada gerakan Pramuka untuk ikut berpartisipasi dan tampil pada pembukaan perayaan.

Peserta perlombaan gerak jalan Penggalang SMP Se-Kabupaten Tabanan telah bekerja keras mempersiapkan diri dalam latihan sebelum mengikuti lomba.

Pewarta: Pande Yudha/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024