USD10.000 dan lima hari di Los Angeles karena memenangkan film pendek

Penang, Malaysia (Antara Bali/BERNAMA-AsiaNet) - Tropfest, kompetisi film pendek terbesar di dunia, telah menambah Tropfest South East Asia ke jaringan internasional pembuat film dan penggemar film. Tropfest SEA bergabung dengan rangkaian acara Tropfest di Selandia Baru, Arab, dan Amerika Serikat (AS), dan akan diumumkan lebih banyak lagi. Pemenang akan menerima perjalanan untuk memahami industri ini selama lima hari di Los Angeles yang disponsori oleh Motion Picture Association dan hadiah uang tunai sebesar USD10.000.

Penduduk dan warga negara dari 11 negara di Asia Tenggara telah memenuhi syarat untuk kompetisi. Film harus di bawah tujuh menit dan dapat dibuat dengan menggunakan teknik atau perangkat. Semua film yang terdaftar harus perdana (termasuk online) dan harus mencantumkan item tertentu, yang dikenal sebagai Tropfest Signature Item (TSI). TSI untuk peresmian Tropfest SEA adalah: 'RICE'.

Tropfest dimulai pada awal tahun 90-an sebagai pemutaran film pendek di Sydney, Australia, dengan pemain dan kru dari salah satu film pendek John Polson itu. Pendiri Tropfest, yang juga pembuat film, sutradara dan aktor, kemudian memutuskan untuk menjadikan ini sebagai perayaan tahunan film pendek. Dua puluh satu tahun kemudian, festival dan kompetisi film telah menghimpun hingga 150.000 orang pada satu malam untuk menonton dan ribuan yang telah mendaftar baik itu dari pembuat film profesional dan amatir.

"Tropfest Australia, Selandia Baru, Arab dan Amerika Serikat telah menetapkan standar bagi kita. Saya yakin bahwa Asia Tenggara akan memberikan kontribusi perspektif yang sangat banyak, sentimen dan narasi bagi jaringan internasional," kata Joe Sidek, Managing Director Tropfest SEA.

Secara internasional, festival ini telah didukung dan dinilai oleh para profesional terkemuka di industri ini seperti George Miller, Naomi Watts, Elijah Wood, Toni Collette, Salma Hayek, Russell Crowe, Nicole Kidman, Baz Luhrmann, Ewan McGregor, Darren Aronofsky, Will Smith, Bryan Singer dan banyak lagi.

"Kualitas film yang masuk setiap tahun, di setiap daerah, masih tetap mengejutkan saya. Saya sangat bersemangat melihat cerita yang diciptakan oleh kaum muda dan penuh hasrat untuk membuat film di Asia Tenggara," Kata John Polson, pendiri Tropfest.

Perdana Tropfest SEA yang digelar di Penang, Malaysia mencakup simposium film, festival musik, dan gratis untuk menghadiri pemutaran film dan festival dan akan diumumkan pemenangnya.

Menjelang perdana acara ini telah digelar serangkaian lokakarya dan pemutaran di negara tertentu. Tropfest SEA juga bertujuan menghubungkan seni lokal dan mitra masyarakat di negara-negara yang diwakili, seperti sekolah, organisasi film, dan sponsor perusahaan yang potensial.

Dalam beberapa minggu mendatang, Tropfest SEA akan mengumumkan panel juri dari Asia Tenggara. Kategori di bawah 18 bagi para pembuat film muda, Trop Jr, sedang dipertimbangkan.

Para pembuat film didesak untuk mulai merencanakan membuat film dan melihat situs web Tropfest SEA untuk tanggal pendaftaran dan penyerahan film. Kunjungi www.tropfest.com/sea untuk informasi lebih lanjut.

TENTANG TROPFEST SOUTHEAST ASIA
Tropfest dimulai sebagai acara pemutaran film untuk 200 orang di Sydney, Australia. Pendirinya John Polson, seorang sutradara film dan aktor, memutuskan membuat acara tahunan untuk mempromosikan produksi film, bukan hanya pameran. Sekarang acara ini mengumpulkan sebanyak 150.000 penonton dalam satu malam, dan menerima rata-rata 700 film per tahun. Tropfest juga digelar di Selandia Baru, Arab, dan Amerika Serikat. Peresmian Tropfest South East Asia 2013 akan digelar perdana pada tanggal 30-31 Agustus dan 1 September di George Town, Penang.

CATATAN REDAKTUR:
- Preview video Tropfest http://bit.ly/Z9VuRs [Youtube.Com]
- Aset multimedia terkait dengan rilis ini http://bit.ly/Z9QMDh [Flickr.Com]

Follow TROPFEST SEA
Facebook: facebook.com/TropfestSEA
Twitter : @TropfestSEA
Youtube : youtube.com/Tropfest

PUJIAN UNTUK TROPFEST
"Saya harus katakan bahwa saya merasa lebih senang di Tropfest dibandingkan yang saya lakukan pada perhelatan Oscar"
- George Miller, sutradara pemenang Oscar untuk 'Happy Feet', patron dan juri Tropfest

"Hal yang paling berbahaya tentang Tropfest (untuk industri film) adalah bahwa ini membuktikan film berdurasi 7 menit dapat menghibur seperti film berdurasi 90 menit.
-Malcolm Gladwell, penulis buku terlaris, jurnalis dan juri Tropfest

"Ini adalah pengalaman budaya yang tidak pernah saya miliki."
- Russell Crowe, aktor, patron dan juri Tropfest

SUMBER: TROPFEST SOUTH EAST ASIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI:
Nama : Grace Chin
KOMUNIKASI DAN KEMITRAAN
Tel  : +6019 210 1276 dan +604 261 6308
Email: gracechin@tropfestsea.com

Nama : Lisa Case
Manajer Festival dan Bisnis
Tel  : +604 261 6308 dan +604 261 3061
Email: lisacase@tropfestsea.com
(ADT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013