Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran menyatakan tidak ada pembatasan aktivitas wisatawan maupun aktivitas masyarakat di sekitar wilayah ITDC Nusa Dua dan memastikan kenyamanan wisatawan selama perhelatan World Water Forum ke-10.
 
"Kami tidak melakukan pembatasan, kami hanya mengatur agar semua bisa berjalan dengan normal, konferensi bisa berjalan kemudian masyarakat dan turis juga bisa menikmati, sehingga perlu diatur," kata dia saat menggelar latihan praoperasi di Puspem Badung, Bali, Minggu.
 
Dia menjelaskan untuk memperlancar kegiatan berskala internasional yang bakal dihadiri oleh beberapa kepala negara dan pejabat setingkat negara dalam Forum Air Dunia tersebut, maka diperlukan berbagai upaya penjagaan dan pengaturan di daerah sekitar Nusa Dua. Namun demikian, kenyamanan masyarakat dan wisatawan di daerah itu juga menjadi perhatian utama Polri bersama pemangku kepentingan kepentingan lainnya.
 
Pengaturan tersebut utamanya pada tempat utama pertemuan di Bali Internasional Convention Center (BICC) yang ada di dalam kawasan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Nusa Dua. Sementara untuk akses keluar masuk tempat wisata di Nusa Dua Selatan tetap berjalan seperti biasa.
 
Untuk kelancaran lalu lintas di jalur menuju ITDC Nusa Dua, Polri masih berkomunikasi dan menunggu jawaban dari Pemerintah Daerah Provinsi Bali terkait dengan penerapan sekolah daring bagi sekolah-sekolah di daerah itu.
 
"Untuk mengurangi volume kendaraan, guna mengurangi frekuensi masyarakat, maka kita juga diskusi terkait dengan work from home atau mungkin belajar secara on-line itu yang akan kita koordinasikan," kata Fadil Imran.
 
Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut pun meminta dukungan dari masyarakat Bali agar secara bersama menyukseskan ajang berskala internasional World Water Forum yang dilaksanakan beberapa hari lagi.
 
"Kami mohon doa restu kepada masyarakat Bali agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan aman dengan menjadi tuan rumah yang baik. Ini merupakan suatu kehormatan dalam beberapa kesempatan Bali menjadi tuan rumah dalam event internasional," katanya.
 


Baca juga: Polri gelar latihan praoperasi pastikan pengamanan World Water Forum

Baca juga: Kabaharkam Polri minta masyarakat jaga "World Water Forum" kondusif

Baca juga: Polri kerahkan 2.246 personel satgas amankan World Water Forum di Bali

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024