Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menggandeng Duta Generasi Berencana (GenRe) agar dapat menjadi teladan bagi remaja di kota setempat untuk mencegah masalah seks bebas, penularan HIV-AIDS, serta penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza).

"Atas nama Pemkot Denpasar, kami sampaikan apresiasi dengan rasa bangga terhadap peran anak-anak semua yang berkomitmen penuh menjadi penerang dan panutan bagi teman-teman berusia remaja," kata Sekda Denpasar IB Alit Wiradana di Denpasar, Rabu.

Alit Wiradana menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara final Pemilihan Duta GenRe Denpasar yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Denpasar bersama Forum Generasi Berencana (GenRe) Denpasar

Acara final pemilihan Duta GenRe diikuti 10 pasang finalis putra dan putri dengan tema yang diusung Gamadi Gambira Gantari dengan harapan akan menjadi teladan yang bisa mengalirkan ilmu yang telah didapat dan panutan yang hebat.

Alit Wiradana mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut yang memiliki makna sangat penting dan strategis dalam mewujudkan generasi emas 2045.

"Melalui langkah edukasi, sosialisasi dan kreativitas remaja masa kini, Forum GenRe Denpasar dan Duta GenRe bergerak beriringan memberantas masalah remaja seperti seks bebas, HIV/AIDS, napza dan masalah krusial lainnya," ucapnya.

Pemerintah, kata dia, juga mengimbau remaja Indonesia untuk ikut serta dalam pencegahan stunting dari hulu. "Untuk para remaja di Kota Denpasar kami harapkan dapat memberi motivasi bagi warga untuk menurunkan stunting secara berkelanjutan," ujarnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas P3AP2KB Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati menyampaikan pemilihan Duta GenRe merupakan suatu ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk menemukan duta remaja.

Nantinya mereka akan bersama-sama mempromosikan program GenRe yang mencakup Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP), Tiga Masalah Pokok Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK).

Pemilihan Duta GenRe Denpasar juga dalam upaya memberikan edukasi dan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja yang bebas napza, bebas seks bebas dan pernikahan dini serta HIV/AIDS.

"Tujuan kegiatan ini untuk memilih Duta GenRe yang akan menjadi panutan dan teladan bagi remaja Bali khususnya remaja di Denpasar, serta sebagai wakil dalam pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus Forum GenRe masa bakti 2024-2026.*

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024