Kuta (Antara Bali) - Sedikitnya 12 Barista atau peracik kopi mengikuti kompetisi meramu kopi bertajuk Indonesia Barista Competition (IBC) yang berlangsung di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan wisata Kuta, Kabupaten Badung.

"Para perserta merupakan hasil penyisihan pada babak kalibrasi yang sudah dilakukan pada Jumat (8/2)  dari 21 peserta yang berlaga sehari sebelumnya. Dari jumlah itu yang berhasil masuk pada penyisihan kali ini berjumlah 12 orang," kata Ketua Panitia IBC, Veronica Herlina, di Kuta, Sabtu.

Menurut dia, dari jumlah itu akan dipilih lima orang pemenang yang akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional bersama dengan para pemenang dari provinsi lainnya.

Ia mengungkapkan bahwa kompetisi kali ini kegiatan reguler yang dilakukan setiap dua tahun sekali. "Tahun 2013 ini 'roadshow' dilakukan di lima kota yakni Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta kalau biasanya hanya di satu tempat saja," ujarnya.

Herlina menjelaskan bahwa lima perserta terbaik yang diambil dari masing-masing kota tersebut akan beradu keahlian di Jakarta, pada 10–13 April mendatang.

Dia menambahkan bahwa pada final tersebut akan dipilih tiga orang juara yang akan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi barista tingkat dunia yang akan berlangsung di Melbourne,  Australia. (DWA/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013