Kepolisian Resor(Polres) Karangasem, Bali melakukan patroli laut di sekitar Laut Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Senin untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kepala Polres Karangasem Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nengah Sadiarta, Senin mengatakan patroli laut itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Padangbai, memantau arus mudik Lebaran dan memastikan kelancaran penyeberangan keluar dan masuk Pelabuhan Padangbai.

“Patroli laut ini merupakan salah satu upaya Polres Karangasem dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama arus mudik Lebaran 1445 H," kata Sadiarta.

Mantan Kapolres Klungkung, Bali itu menyatakan berdasarkan pantauan dirinya bersama Satuan Polairud Polres Karangasem, TNI AL, Basarnas, KSOP Padangbai, dan Dinas Perhubungan Karangasem, situasi perairan di sekitar Laut Padangbai aman.

Begitu pula aktivitas bongkar muat hingga keluar masuk kapal di Pelabuhan Padangbai masih lancar dan kondusif.

Selain di Perairan Padangbai, Kapolres Karangasem bersama rombongan juga memantau aktivitas masyarakat di Pelabuhan Tanah Ampo, serta aktivitas wisatawan yang menikmati keindahan alam bawah laut Karangasem di beberapa titik.

Baca juga: Polres Karangasem minta pemudik lebaran harus pastikan kendaraan layak pakai

Sadiarta memastikan pihaknya serta instansi terkait lainnya yang terlibat dalam Operasi Ketupat Agung 2024 di Kabupaten Karangasem, Bali memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik melalui Pelabuhan Padangbai maupun yang menikmati keindahan laut Karangasem.

Kapolres Karangasem juga mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan mudik melalui Pelabuhan Padangbai untuk selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami imbau kepada masyarakat yang melaksanakan mudik melalui Pelabuhan Padangbai untuk selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku. Pastikan membawa surat-surat kendaraan dan identitas diri yang lengkap,” kata Kapolres Karangasem Nengah Sadiarta.

Sementara itu, pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak H-10 hingga kini tercatat sebanyak 26.866 orang.

Menurut keterangan Manajer ASDP Padangbai Agusman angka tersebut terus bertambah seiring dengan banyaknya jumlah pemudik yang berdatangan di Pelabuhan Padangbai. ASDP sendiri telah melakukan penambahan jumlah perjalanan dari yang sebelumnya 15 kini menjadi 19 trip.

Proses bongkar muat di dalam kapal pun dipercepat dari yang biasanya 1,5 jam sampai 2 jam menjadi 1 jam untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Baca juga: Kapolres Karangasem: Arus mudik di Pelabuhan Padangbai ramai dan lancar

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024