Kepala Kepolisian Resor Karangasem, Bali AKBP I Nengah Sadiarta menyatakan situasi arus lalin lintas kendaraan mudik Lebaran atau Idul Fitri tahun 2024 di Pelabuhan penyeberangan Padangbai, Kabupaten Karangasem terpantau ramai lancar.

Kapolres Karangasem Nengah Sadiarta saat ditemui di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu sore mengatakan meskipun terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari Denpasar menuju Pelabuhan Padangbai, namun aktivitas bongkar muat di dalam kapal terhitung lancar.
 
"Aktivitas masyarakat maupun pergerakan barang orang itu terjadi peningkatan memasuki H-4 Lebaran mulai terjadi peningkatan namun belum sebegitu signifikan," kata dia.
 
Sadiarta mengatakan lancarnya arus mudik menuju Pelabuhan Padangbai dikarenakan oleh adanya tol laut dari Banyuwangi ke Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat. Hal itu juga berpengaruh terhadap jumlah orang maupun kendaraan yang keluar melalui Pelabuhan Padangbai.

Meskipun demikian, pihaknya tetap bersiaga dan sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi apabila terjadi kepadatan kendaraan maupun orang di Pelabuhan Padangbai yang diprediksi akan naik pada H-3
 
"Ada pengurangan kapasitas orang kendaraan maupun barang, tetapi tetap kami mengantisipasi kemungkinan akan terjadi lonjakan yang signifikan berdasarkan evaluasi pengamanan Idul Fitri tahun 2023 itu di H-3 itu," katanya.

Baca juga: Polda Bali siapkan kantong parkir atasi kepadatan di pelabuhan Padangbai
 
Mantan Kapolres Klungkung itu menjelaskan dalam mengantisipasi adanya pergerakan orang, barang maupun kendaraan bermotor, Polres Karangasem melalui Operasi Ketupat Agung menempatkan personel-personel di pos-pos pengaman maupun Pos pelayanan berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya.
 
Dalam pantauan ANTARA di lapangan, terdapat sejumlah besar personel kepolisian baik Brimob maupun unsur Polri, TNI maupun unsur pemerintahan lainnya yang membantu memperlancar proses keluar masuk Pelabuhan Padangbai.
 
Di beberapa pos pelayanan juga terlihat beberapa personel siaga membantu pemudik yang mengalami kelelahan dalam perjalanan maupun bantuan informasi tentang mudik.
 
Dalam pemantauan di lapangan sejak siang sampai malam hari Pukul 20.30 Wita, tiga kantong parkir menuju Pelabuhan Padangbai yang disiapkan yakni kantong parkir di Kusamba, Kabupaten Klungkung, kantong parkir rest area Yeh Malet, Kabupaten Karangasem dan kantong parkir ketiga berada di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem masih terpantau longgar.

Baca juga: Polda Bali siagakan sebanyak 2.005 personel amankan Lebaran 2024
 
Antrian kendaraan hanya ada di Pelabuhan Padangbai sendiri, itupun kendaraan-kendaraan yang sedang antri untuk masuk ke dalam kapal.

Sepanjang rute Denpasar menuju Pelabuhan Padangbai pun terpantau lancar, begitu pula sebaliknya.
 
Kapolres Karangasem Nengah Sadiarta yang memantau situasi di Pelabuhan Padangbai sempat berbincang-bincang dengan para pemudik yang sedang menunggu jadwal keberangkatan di Pelabuhan Padangbai.
 
Menurut kesaksian beberapa pemudik yang juga pernah melakukan perjalanan mudik pada tahun sebelumnya, pada tahun ini antrian menuju kapal tidak rumit seperti tahun sebelumnya.
 
"Semoga kegiatan pengamanan ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar sehingga harapan masyarakat bisa mudik dengan nyaman, mudik ceria penuh makna itu bisa terwujud," kata Kapolres Karangasem Nengah Sadiarta.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024