Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, memastikan ketersediaan dan harga pangan kebutuhan pokok masyarakat di daerah itu stabil menjelang Lebaran 2024.
 
Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika saat melaksanakan pemantauan ketersediaan dan harga pangan pokok strategis di Pasar Umum Galiran, Klungkung, Kamis.
 
Bupati Jendrika melakukan pemantauan  bersama jajaran Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Klungkung.

 Ia mengatakan harga daging sapi, ayam, telur ayam, dan cabai mulai turun.
 
"Daging sapi yang sebelumnya harganya Rp140.000/kg sekarang sudah Rp120.000/kg. Stok masih tersedia," ujar Jendrika.

Baca juga: Pemkab Klungkung latih UMKM dalam bootcamp inkubasi bisnis
 
Harga daging ayam juga mengalami penurunan dari sebelumnya di kisaran Rp35.000/kg sekarang  Rp30.000/kg, daging babi stabil di harga Rp80.000/kg.
 
Telur ayam satu papan turun harga yang awalnya mencapai Rp55.000/papan sekarang  Rp50.000/papan, dan harga cabai sekarang Rp30.000/kg dari sebelumnya Rp40.000/kg.
 
"Mudah-mudahan kondisi ini membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan bahan baku untuk kebutuhan sehari-hari apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Jendrika.
 
Jendrika mengatakan pemantauan tersebut  untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan stabil menjelang Idul Fitri di Klungkung .
 
Selain itu, sebagai langkah strategis menjelang hari besar keagamaan agar tidak terjadi kelangkaan pangan dan lonjakan harga yang menyulitkan masyarakat, serta untuk menguatkan daya beli masyarakat.
 
Selain itu, pemantauan ini juga dilaksanakan untuk mendukung optimalisasi pengendalian inflasi di Kabupaten Klungkung.

Baca juga: Bupati Klungkung minta masyarakat patuhi awig-awig

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024