Denpasar (Antara Bali) - Dinas Pariwisata Provinsi Bali masih mencatat jumlah hotel berbintang di Pulau Dewata sesuai data tahun lalu sebanyak 156 unit, walaupun penambahannya sudah sangat banyak.

"Berdasarkan data yang kami miliki jumlah hotel berbintang pada tahun lalu masih tercatat sebanyak 156 unit," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subikshu di Denpasar, Selasa.
    
Hotel berbintang itu tersebar di sejumlah wilayah di Pulau Dewata, namun lebih didominasi di kawasan Kabupaten Badung, Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar.

Mengenai penambahan jumlah hotel tersebut, dia mengaku tidak dapat diketahui sebab perizinannya dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten/kota yang menjadi lokasi hotel itu berada.

 "Sebaiknya jumlah penambahan hotel ditanyakan langsung ke Pemkab Badung, Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar. Sebab perizinannya dikeluarkan di wilayah tersebut," ucapnya.

Sementara itu berdasarkan cacatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali terjadi perbedaan signifikan mengenai data jumlah hotel berbintang tersebut.

"Jumlah hotel berbintang saat ini tercatat sekitar 187 unit, keberadaannya sebagian besar di kawasan Kuta, Kabupaten Badung," kata Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. (IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013