Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar melibatkan sebanyak 146 orang relawan pelipat surat suara untuk Pemilu 2024 dimana mereka sudah mulai bekerja melipat surat suara DPR RI Daerah Pemilihan(Dapil) Bali di gudang logistik GOR Kompyang Sujana.

“Jadi sampai saat ini kami melibatkan 146 relawan terhadap pelipatan surat suara untuk melipat surat suara DPR RI sejumlah 507 ribu surat suara, yang mana saat ini sudah terlipat totalnya 352 ribu,” kata Ketua KPU Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni.

Di Denpasar, Bali, Kamis, Sekar menyampaikan relawan pelipat surat suara ini berasal dari latar belakang beragam seperti ibu rumah tangga, anak muda, orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan.

Mereka sebelumnya sudah mendaftar ke Kantor KPU Denpasar dengan membawa KTP elektronik dan diwawancara perihal keterlibatannya dengan partai politik, karena penyelenggara ingin seluruh relawan independen.

Atas bantuannya, penyelenggara memberikan honor sebesar Rp200 rupiah per satu lembar surat suara, di mana nantinya mereka akan melipat sebanyak 507.697 surat suara untuk DPR RI dan DPRD Bali, dan 511.667 surat suara untuk DPRD Kota Denpasar, sementara untuk suara presiden-wakil presiden dan DPD belum terdata karena sampai di gudang logistik.

Baca juga: Ketua KPU RI: Memang sengaja dadakan kunjungi gudang logistik di Denpasar

Para relawan ditarget dapat menyelesaikan proses pelipatan tiap jenis surat suara dalam satu minggu, terhitung sejak Sabtu (9/12) lalu Sekar melihat tak ada kendala karena dalam sehari mulai dari pukul 8.00-16.00 Wita mereka bisa menyelesaikan 36.500 lembar.

Meski demikian KPU Denpasar masih terus membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam kegiatan pelipatan surat suara, sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Dalam proses sortir dan pelipatan jenis surat suara DPR RI, penyelenggara sudah menemukan 2.352 surat suara yang rusak, rata-rata kerusakan dilihat dari temuan bercak tinta, kotor, dan robek.

Nantinya surat yang rusak akan diganti oleh rekanan percetakan dan disortir kemudian dilipat oleh relawan, untuk surat yang rusak akan disimpan dan sesuai regulasi akan dimusnahkan di Kantor KPU Denpasar sehari sebelum Pemilu 2024 berlangsung.

Baca juga: KPU RI akan kumpulkan tim paslon untuk evaluasi debat capres-cawapres perdana

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023