Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet sepakat mewujudkan Pemilihan Umum 2024 yang damai dan toleran.

Harfendi saat melakukan kunjungan di Puri Den Bencingah Klungkung, Desa Akah, Klungkung, Rabu, menyatakan bahwa keberagaman merupakan kondisi nyata bangsa Indonesia yang tidak dapat dielak. Perbedaan suku, agama, ras dan kepercayaan disatukan oleh prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

"Sebagai bangsa yang majemuk dan terdiri dari pulau-pulau serta berbeda bahasa, agama dan ras, kita harus menjaga dan menghargai keragaman serta perbedaan dengan bertoleransi antarumat beragama yang menjadikan kekuatan Bhinneka Tunggal Ika," ujar Pangdam.

Menurut ia, keanekaragaman tersebut berimplikasi pada pilihan yang berbeda-beda pada setiap orang, termasuk perbedaan politik pada pemilu. Namun, perbedaan itu bukan dijadikan sebagai bumerang yang bisa menghancurkan persatuan dan kedamaian dalam masyarakat yang plural.

Oleh karena itu, Pangdam mengimbau seluruh masyarakat supaya menjaga pemilu berjalan dengan lancar, aman dan damai agar tidak terjadi gesekan dan bentrokan.

"Saya merasa di sinilah masyarakat Bali taat dengan adat dan budayanya sebagai peran dari keberadaan majelis desa adat itu sendiri. Mudah-mudahan kita selalu dapat menjaga dan melestarikan adat serta budaya kita," ujar Pangdam.

Di Puri Agung, Pangdam Udayana beserta rombongan disambut dengan penuh kekeluargaan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali Ida Pengelingsir Putra Sukahet, Forkopimda Kabupaten Klungkung, serta tokoh masyarakat, dan tokoh agama lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua FKUB Provinsi Bali Ida Pengelingsir menyampaikan rasa hormat serta ucapan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana beserta rombongan atas kehadirannya di Puri Den Bencingah dan juga kepada para tokoh agama serta tokoh masyarakat yang tergabung dalam FKUB.

"Saya berharap agar kedepannya dalam kegiatan pesta demokrasi, yaitu pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai serta kerukunan umat beragama dapat selalu terjaga," katanya.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023