Batam (Antara Bali) - Pemerintah Kota Batam merencanakan pembangunan pusat pendidikan di pesisir untuk memudahkan akses bagi warga yang mendiami pulau-pulau tersebar.

"Pusat pendidikan akan dibangun pada pulau yang sudah banyak didiami masyarakat. Sehingga warga pada pulau sekitar bisa datang ke pulau tersebut untuk sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah kota juga akan membangun tempat tinggal bagi siswa luar pulau agar tidak setiap hari harus pulang ke pulau asal.

"Pada musim-musim tertentu angin dan gelombang sangat membahayakan bagi para siswa. Sehingga akan lebih efektif jika tinggal di lingkungan sekolah dan saat libur baru pulang," kata dia.

Karakter Batam yang memiliki ratusan pulau kecil, kata dia, memang cukup menyulitkan bagi sebagian anak untuk mendapatkan pendidikan setara dengan yang mendiami pulau utama (Pulau Batam) yang sudah maju.

"Semua anak harus mendapatkan pendidikan yang memadai. Apalagi Batam berada pada daerah terdepan yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia yang saat ini lebih maju," kata Muslim. (*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013