Pada Senin (13/11/2023), Sejumlah peristiwa politik, hukum, ekonomi, kesra yang terjadi di Indonesia dan Provinsi Bali khususnya telah diberitakan Kantor Berita ANTARA Biro Bali mulai dari seni kolosal "Janger Cak", kabar hoaks tentang tujuh orang tewas dalam balap liar, perluasan kapasitas Lapas Kerobokan hingga antisipasi penyebaran cacar monyet.

Berikut rangkuman berita-berita tersebut yang layak disimak pagi ini.


1. Menapaki kearifan lokal Nusa Penida melalui seni kolosal Janger Cak

Gerak tari janger diiringi lantunan suara "cak"menjadi harmoni yang padu saat langit menampakkan aura senjanya.

Tari kolosal "Janger Cak" merupakan seni pertunjukan yang mengolaborasi antara seni tari Janger, Kecak, tari Sanghyang, dan Genjek menjadi satu kesatuan.


Selengkapnya di sini


2. Polresta Denpasar sebut kabar tujuh orang tewas akibat balap liar itu hoaks

Kepolisian Resor Kota Denpasar, Bali menyatakan kabar atau informasi mengenai tewasnya tujuh orang pemuda akibat balap liar atau speeding yang viral di media sosial sejak Sabtu (11/11) merupakan informasi hoaks.

Selengkapnya di sini


3. Polisi tindak 120 sepeda motor diduga balap liar di kawasan Serangan-Denpasar    

Kepolisian Resor Kota Denpasar, Bali menindak sebanyak 120 kendaraan bermotor yang mayoritas menggunakan knalpot brong diduga mengikuti aksi balap liar di pintu masuk kawasan wisata ekonomi kreatif Serangan, Denpasar.

Selengkapnya di sini


4. BPD Bali cairkan KUR Rp1,65 triliun dorong kinerja UMKM

BUMD PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menyalurkan Rp1,65 triliun Kredit Usaha Rakyat (KUR) selama Januari hingga awal November 2023 atau melampaui realisasi 2022 mencapai Rp1,3 triliun karena didukung optimalisasi sistem digitalisasi kredit yang mendorong kinerja pelaku UMKM.

Selengkapnya di sini


5. Dinkes Bali dan komunitas biseksual bahas cacar monyet

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali melakukan koordinasi untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet atau dikenal Monkeypox dengan komunitas biseksual di Pulau Dewata, mengingat rata-rata kasus di Indonesia terjadi pada orang dengan HIV dan orientasi biseksual.

Selengkapnya di sini


6. BPBD Karangasem antisipasi bencana musim hujan di wisata arung jeram

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan memasuki musim hujan mereka mulai mewaspadai bencana tanah longsor dan banjir bandang terutama di kawasan wisata arung jeram yang terkenal di wilayah Bali bagian timur itu.

Selengkapnya di sini


7. Jaya Negara: Petugas bongkar sampah di TPA Suwung hingga titik terbawah

Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan para petugas pemadam kebakaran melakukan pembongkaran tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung hingga titik terbawah untuk memastikan api kebakaran benar-benar dapat dipadamkan.

Selengkapnya di sini


8. Pemkab Badung tingkatkan pendapatan petani dengan tekan alih fungsi lahan        

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berkomitmen untuk terus meningkatkan pendapatan para petani sebagai salah satu upaya untuk menekan alih fungsi lahan.

Selengkapnya di sini


9. Kemenkumham Bali rancang perluasan kapasitas Lapas Kerobokan tingkatkan daya tampung

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali merancang perluasan kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A di Kerobokan, Kabupaten Badung untuk meningkatkan daya tampung warga binaan.

Selengkapnya di sini


10. Pemkab Buleleng pamerkan lukisan prasi lestarikan tradisi Bali

Pemerintah Kabupaten Buleleng Provinsi Bali melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Gedong Kirtya Dinas Kebudayaan (Disbud) setempat memamerkan prasi atau lukisan yang dibuat pada daun lontar sebagai upaya melindungi dan melestarikan seni budaya dan tradisi masyarakat Bali.

Selengkapnya di sini


11. Bawaslu Bali minta mahasiswa berperan aktif dalam Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Bali meminta mahasiswa dan generasi muda di provinsi itu untuk berperan aktif dalam Pemilu 2024 dengan terlibat melakukan pengawasan partisipatif.

Selengkapnya di sini


12. KPU undi nomor urut pasangan capres-cawapres pada Selasa malam besok

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengundang pasangan calon tetap dan partai politik untuk melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Selasa, 14 November 2023 pukul 18.30 WIB.


Selengkapnya di sini

Pewarta: Widodo Suyamto Jusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023