Gunung Kidul (Antara Bali) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertambangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta perajin makanan kecil atau camilan dan aneka kerajinan menciptakan inovasi guna mendorong sektor pariwisata.

Kepala Bagian Perindustrian Disperindagkoptam Gunung Kidul, Anwarul Jamal, di Wonosari, Rabu mengatakan, berkembangnya sektor pariwisata daerahnya membuka peluang untuk mempromosikan makanan khas dan kerajinan lokal.

"Kami meminta perajinan untuk menciptakan makanan khas dengan baku lokal dari daerah sendiri. Begitu juga dengan kerajinan tangan yang berkualitas yang mencirikan buatan masyarakat Gunung Kidul," katanya.

Menurut Anwar, produk buatan masyarakat Gunung Kidul sudah memenuhi standar di pasar. Hanya saja, perajin perlu meningkatkan kualitas propuk, menciptakan desain atau produk baru dengan baku yang sama, serta memperbaiki dari sisi pengepakan.

"Tiga hal tersebut, menurut kami akan semakin meningkatkan penjualan produk, agar lebih digemari konsumen. Untuk itu, kami meminta perajin terus menjaga kualitas produk. Mari bersama-sama memanfaatkan peluang berkembangnya sektor pariwisata sebagai gerbang mempromosikan produk lokal Gunung Kidul," katanya. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013