Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan menyampaikan, Bali menjadi juara tiga untuk kategori pemerintah daerah terfavorit dalam mengkampanyekan energi bersih di ajang Anugerah Dewan Energi Nasional Tahun 2023 berkat dukungan masyarakat.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Bali mendapat penghargaan itu karena dinilai aktif mengampanyekan penggunaan energi bersih dan pengurangan emisi gas rumah kaca, antara lain dengan mendukung pemanfaatan kendaraan listrik.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah daerah di Denpasar, Minggu, dia mengemukakan bahwa warga Bali sudah banyak yang beralih menggunakan kendaraan listrik dan perubahan itu membantu mengurangi polusi udara.

"Secara tidak langsung tentu penggunaan kendaraan listrik mengurangi polusi udara di alam terbuka. Hal ini menunjukkan dukungan masyarakat akan pentingnya kesehatan tubuh, terutama yang berkaitan dengan kebersihan udara," katanya.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerah juga mendorong warga untuk membantu penanganan sampah rumah tangga.

"Yang perlu kita dorong saat ini adalah kesadaran mengolah sampah dari sumbernya, yakni rumah tangga, sehingga yang akan terangkut ke tempat pembuangan akhir hanya berupa residunya saja. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan juga udara," katanya.

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023