Bogor (Antara Bali) - Tingginya tingkat kunjungan wisatawan dalam negeri dan mancanegara ke Kota Bogor, Jawa Barat, diharapkan dapat membangkitkan geliat usaha kecil menengah (UKM) dan ekonomi kerakyatan, kata pengamat pariwisata Dr Ifan Haryanto MSc.

"Kota Bogor merupakan daerah tujuah wisata di Indonesia. Tingginya angka kunjungan wisatawan harus memberikan nilai tambah bagi peningkatan perekonomian rakyat," katanya dalam perbincangan di Bogor, Sabtu.

Pemkot Bogor merilis dalam beberapa tahun terakhir tingkat kunjungan wisatawan melonjak drastis, yakni sepanjang 2011 tercatat  3.264.169 orang. Wisatawan dalam negeri mencapai 3.112.414 orang, dan 151.755 orang wisatawan mancanegara.

Pada 2012, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bogor mengalami peningkatan, yakni menjadi 3,3 juta orang. "Angka kunjungan 3,3 juta wisatawan itu menunjukkan daerah penyangga Jakarta dengan curah hujan tertinggi di Indonesia ini sebagai kota tujuan utama wisata nasional," ujar Ifan, alumnus S3 Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM IPB) .

Dia berharap prestasi Kota Bogor di bidang pariwisata dapat terus ditingkatkan, dengan memperbaiki berbagai sarana transportasi publik, infrastruktur kota, wahana wisata, dan berbagai faktor terkait. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013