Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp94 miliar untuk 154 penerima manfaat di wilayah Kabupaten Bangli melalui program "Badung Angelus Buana" atau "Badung Berbagi, dari Badung untuk Bali".

"Penyerahan hibah ini merupakan bentuk komitmen kami di Pemerintah Kabupaten Badung dalam membantu mewujudkan pemerataan pembangunan fisik untuk mensejahterakan masyarakat," ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya di Badung, Kamis.

Ia mengatakan program itu dilakukan sebagai wujud implementasi kolaborasi dalam rangka bergerak, berjuang dan bekerja bersama untuk mewujudkan masa depan Bali yang lebih baik di dalam bingkai One Island One Management.

Dana hibah yang diperoleh berasal dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR) itu diberikan kepada masyarakat untuk membantu menggerakkan perekonomian pada sektor informal serta membantu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Selain itu tentunya hal ini berkaitan dengan peningkatan kemampuan daya beli masyarakat yang semakin menguat," kata dia.

Ada ratusan orang yang berasal dari badan atau lembaga menjadi penerima hibah di Bangli diantaranya adalah Pura/Merajan sebanyak 126 penerima, Sanggar sebanyak tiga penerima, Banjar Adat sebanyak 13 penerima, kelompok pemuda sebanyak empat penerima dan Desa Adat sebanyak delapan penerima.

Total 154 penerima dana hibah di Kabupaten Bangli tersebut, tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Tembuku sebanyak 48 penerima dengan bantuan sebesar Rp26,2 miliar, Kecamatan Susut sebanyak 37 penerima dengan bantuan sebesar Rp18,3 miliar, Kecamatan Peninjoan sebanyak satu penerima dengan bantuan sebesar Rp700 juta.

Sementara Kecamatan Kintamani mendapatkan dana hibah untuk 32 penerima dengan bantuan sebesar Rp19,7 miliar dan Kecamatan Bangli sebanyak 36 penerima dengan bantuan sebesar Rp28,9 miliar.

Bupati Giri Prasta mengungkapkan pihaknya berharap bantuan dana hibah itu dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung pembangunan berbagai bidang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangli.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bangli dirinya berterima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemkab Badung atas kebijakan program Badung Angelus Buana sehingga masyarakat Bangli bisa mendapatkan dana hibah dengan dana yang besar itu.

"Saya berharap dana hibah yang besar dan fantastis ini bisa cepat menyelesaikan permasalahan yang ada di level masing-masing," kata dia.

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023