Penjabat (Pj) Bupati Gianyar terpilih I Dewa Tagel Wirasa terlihat absen dalam sesi gladi menjelang pelantikannya menggantikan posisi I Made Agus Mahayastra Rabu (20/9) besok.

Kepala Biro Umum dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Bali I Wayan Budiasa yang dijumpai saat gladi pelantikan di Kantor Gubernur Bali mengatakan Dewa Tagel berhalangan hadir karena terbentur agenda lain.

“Untuk sementara gladi kita laksanakan hari ini karena agendanya (pelantikan Pj Bupati Gianyar) kan besok tanggal 20 September 2023. Untuk kehadiran beliau berdua (Pj Gubernur Bali dan Pj Bupati Gianyar) mereka masih ada agenda rapat,” kata Budiasa di Denpasar, Selasa.

“Sehingga sementara digantikan teman-teman protokol sebagai perwakilan sementara untuk gladi. Namun demikian gladi ini sifatnya umum dan nanti akan ada laporan ke beliau bagaimana posisinya besok,” sambungnya.

Baca juga: Pj Bupati Gianyar usulan Koster terpilih gantikan Mahayastra

Budiasa menuturkan kegiatan pelantikan yang akan berlangsung pukul 10.00 Wita di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali itu akan berlangsung seperti saat pelantikan Pj Gubernur Bali di Jakarta pada Selasa (5/9) lalu.

Pertama, jajaran Pemprov Bali akan mengikuti proses pelantikan I Dewa Tagel Wirasa, yang dipimpin oleh Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, sekaligus dilaksanakan serah terima jabatan dari Bupati Gianyar periode 2018-2022.

Agenda dilanjutkan dengan pelantikan Pj Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, lalu penyerahan penghargaan kepada ketua TP PKK Kabupaten Gianyar terdahulu oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali dan diakhiri pidato dari Pj Gubernur Bali.

Saat ini, kata Budiasa, arahan dari Pj Gubernur Bali dalam pidato yang hendak disampaikan besok telah rampung, di mana di dalamnya tak termuat pesan-pesan titipan dari Gubernur Bali terdahulu Wayan Koster.

Diketahui bahwa Dewa Tagel yang merupakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bali merupakan salah satu kandidat penjabat usulan Koster.

Sebelum lengser, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri, Wayan Koster telah mengajukan tiga nama, mereka adalah Dewa Tagel, Kedistan Pangan Bali Wayan Sunada, dan Kadis Perikanan dan Kelautan Bali Putu Sumardiana.

Baca juga: Mal pelayanan publik di Gianyar mulai dibangun

“Kalau berkaitan dengan besok, pasti ada sambutan waktu terakhir acara. Kalau detil sambutan sudah dipersiapkan tapi kalau ditanyakan tadi tidak ada titipan-titipan pesan,” tutur Budiasa.

Setelah pelantikan Pj Bupati Gianyar, Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Bali ini menyebut akan menyusul agenda pelantikan berikutnya, yaitu pengisian posisi Pj Bupati Klungung.

“Namun untuk waktu dan surat keputusannya belum, nanti ada informasi lebih lanjut. Kalau nama kan di pusat yang memutuskan,“ tutupnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023