Ketua Center of Excellence Community Bases Renewable Energy (Core) Universitas Udayana Ida Ayu Dwi Giriantari dalam diskusi menuju Bali emisi nol bersih mengatakan, daratan Nusa Penida masih memerlukan tambahan energi listrik sebelum menjadi pulau 100 persen energi terbarukan.

“Di Nusa Penida kasusnya kekurangan energi listrik. Yang pertama harus peduli dengan kebutuhannya, kedua baru kita kurangi emisi dari sumber-sumbernya seperti yang utama sumbernya kan di pembangkit dan transportasi karena sumbangan emisi di sana luar biasa,” kata dia di Denpasar, Senin.

Dalam kegiatan yang digelar Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali itu disampaikan bahwa Nusa Penida jadikan percontohan penggunaan listrik dari energi terbarukan.

Sementara menurut dosen Teknik Elektro Universitas Udayana itu kondisi kelistrikan di daratan milik Kabupaten Klungkung tersebut masih kurang, di mana saat ini hanya ada 3,5 megawatt listrik berasal dari PLTS dan tambahan 7 megawatt dari diesel.

“Kalau yang namanya aman itu kan harus lebih lagi 30 persen, jadi kalau Nusa Penida kebutuhannya 10 megawatt berarti dia harusnya 13 megawatt, sekarang 10 megawatt masih kritis,” ujarnya.

Beban puncak penggunaan listrik di sana adalah 10,7 megawatt, sehingga yang menjadi ketakutannya ketika pembangkit tak mampu mendukung kebutuhan akhirnya harus menggunakan metode konvensional, sementara Pemprov Bali terus menggaungkan pariwisata berkualitas.

Baca juga: PLN siapkan 23 unit genset atasi defisit listrik di Nusa Penida

“Kalau kualitas infrastrukturnya masih seperti itu kan belum bisa dikatakan sistem yang berkualitas. Kita memotret apa yang ada di Nusa Penida, selanjutnya di situ kita lihat bahwa konsumsi energi listrik itu paling besar dari bisnis,” tuturnya.

Meski demikian, tim peneliti yang membantu Pemprov Bali mengidentifikasi energi terbarukan itu optimistis Nusa Penida bisa menjadi pulau yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan.

Adapun pembangkit listrik potensial yang dapat digunakan di sana adalah PLTS Atap, PLTS Skala Besar, PLTS BESS, PLTD Biodiesel Jarak, PLTD Biodiesel Rumput Laut, PLT Sampah, PLTB Angin, dan PLT Pump Hydro Storage.

“Kita harus optimistis bisa (Nusa Penida 100 persen energi terbarukan), memang kita harus bersinergi ya semua karena emisi nol bersih 2045 ini bukan hanya tugasnya bidang energi tapi semua karena semua berkontribusi kepada emisi, maka semua harus melakukan upaya-upaya untuk mengurangi,” ujar Prof Ida Ayu.

Baca juga: DPRD Bali minta Gubernur atasi krisis air bersih di Nusa Penida

Kepada media, ia menyebut transportasi dan bangunan menjadi contoh penyumbang emisi yang harus diperhatikan, apalagi Nusa Penida memiliki jumlah kendaraan yang lebih banyak daripada penduduknya.

Ini terjadi karena kawasan tersebut merupakan daerah destinasi wisata, sehingga kendaraan umumnya disewakan, dan bangunan hotel penunjang pariwisata turut ambil bagian.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023