Duta Kabupaten Badung, Bali mengangkat tema laut Tanjung Benoa dalam rangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV tahun 2023, sehingga dapat menduduki peringkat ketiga kategori busana kerja pada ajang Wimbakara atau lomba desain dan peragaan busana PKB.
 
Pada ajang tersebut, Kabupaten Badung menurunkan dua orang duta yaitu I Gusti Ngurah Agung Sasmitra Wiguna untuk kategori desain busana adat kerja berpasangan dan busana malam berpasangan serta Ida Bagus Cakra Manuaba pada kategori desain busana toga endek berpasangan.
 
"Tanjung Benoa merupakan daerah pariwisata unggulan di Badung, dan saya pribadi mengangkat laut Tanjung Benoa dengan keanekaragaman hewannya yaitu untuk wisata snorkeling pada karya ini," kata duta Kabupaten Badung, Agung Sasmitra Wiguna, di Mangupura, Rabu.
 
Sasmitra mengatakan dirinya merasa sangat bangga karena mampu meraih juara di tengah persiapan yang kurang maksimal dalam berkreasi untuk membuat busana kerja dengan tema yaitu Tanjung Benoa.

Baca juga: Duta Denpasar raih dua gelar juara pada lomba busana Pesta Kesenian Bali
 
Selain itu, Sasmitra juga harus menyelesaikan karya lainnya yaitu busana malam yang mengangkat tentang 'Dewa Baruna' yang digambarkan dengan filosofi naga.
 
Dia menjelaskan motif kain yang digunakan telah ditenun sekitar dua bulan.
 
Proses penenunan itu membutuhkan waktu yang cukup lama, karena untuk membuat busana sesuai dengan tema ia harus custom motif endek sesuai dengan tema tersebut.
 
"Jujur untuk tahun ini persiapan untuk lomba saya merasa sangat kurang, karena terbagi dengan kegiatan fashion show lainnya. Jadi, saya harus membagi waktu, mana yang harus saya prioritaskan. Namun, saya harus tetap mengerjakan sesuai dengan trncana dari awal bahwa saya harus menampilkan karya terbaik dalam PKB 2023 ini," katanya.
 
Sasmitra berharap, kedepannya kegiatan-kegiatan seperti perlombaan itu bisa dilaksanakan yang akan memunculkan generasi muda Bali khususnya Badung yang memiliki potensi di bidang desain dan modeling.

Baca juga: Belasan seniman Kabupaten Badung ikuti lomba lukis Wayang Kamasan PKB 2023

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023