Rumah Tahanan (Rutan) Negara, Kabupaten Jembrana menyembelih enam ekor kambing kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

“Enam ekor kambing ini berasal dari masyarakat sekitar rutan serta Wakil Bupati Jembrana,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Negara Lilik Subagiyono, saat pemotongan hewan kurban tersebut, Kamis.

Ia mengatakan, daging enam ekor kambing tersebut akan dimasak kemudian dibagikan kepada warga binaan di rutan yang berada di wilayah Kelurahan Baler Bale Agung tersebut.

“Kami juga akan bagikan kepada warga sekitar sini. Khusus untuk warga binaan, daging akan dimasak oleh warga binaan perempuan,” katanya.

Sebelum menyembelih hewan kurban, pihak rutan bersama warga binaan yang beragama Islam melaksanakan salat Idul Adha di Aula Garuda Wisnu Kencana.

Lilik mengatakan, perayaan Idul Adha di dalam rutan sama dengan masyarakat di luar yaitu ada salat Idul Adha hingga pemotongan hewan kurban.

“Yang membedakan, kalau di dalam rutan hanya dilakukan oleh warga binaan serta kami sebagai petugas. Kalau jalannya ibadah sama saja dengan di luar,” katanya.

Untuk hari raya ini, pihaknya melakukan persiapan selama sepuluh hari seperti menyiapkan hewan kurban, menentukan lokasi penyembelihan dan lain-lain.***3***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023