Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra saat membuka seminar nasional Kebertahanan Bali Segara menyebutkan adanya potensi besar sektor kelautan sebagai pelengkap pariwisata.

“Laut menyimpan potensi besar yang bisa digali dan dikelola untuk mendongkrak perekonomian Bali. Gubernur Bali telah menggagas sebuah transformasi yang disebut Ekonomi Kerthi Bali. Melalui gerakan ini, ekonomi Bali diharapkan bisa bertransformasi dan tidak berputar-putar hanya pada potensi pariwisata,” kata Dewa Made Indra di Denpasar, Rabu.

Dewa menyebutkan potensi kelautan secara niskala, yaitu sebagai pangider atau penjaga Bali, mencegah masuknya dampak buruk, sementara secara duniawi kekayaan yang ada di dalam laut merupakan potensi kesejahteraan bagi masyarakat.

Laut juga penghubung antar-pulau di Indonesia. Dengan segala manfaatnya ini, Sekda Bali berharap ke depan ada perhatian lebih terhadap potensi maritim.

Terkait potensi kelautan, Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso yang menjadi salah satu pembicara menambahkan mengenai betapa besarnya kekayaan maritim yang dimiliki Indonesia khususnya Bali.

“Indonesia memiliki laut seluas 6,4 juta km persegi dan 9.336 km persegi berada di wilayah perairan Pulau Bali. Sedangkan luas daratan Pulau Bali yaitu 5.590 meter persegi, jadi kalau dibandingkan, memang jauh lebih luas wilayah lautnya,” kata Permana.

Oleh sebab itu, sambungnya, laut menyimpan potensi yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dia mengajak seluruh komponen melakukan aksi nyata.

Aksi nyata untuk mendorong potensi kelautan ini merupakan komitmen pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Seminar Kebertahanan Bali Segara sendiri merupakan kegiatan dalam rangkaian Bulan Bung Karno di Bali, di mana pada tahun ini tema yang diusung adalah kebertahanan pangider Bali.

Sehingga selain membahas kekayaan laut, Sekda Bali dan para pembicara menggarisbawahi perihal laut sebagai penjaga Bali, seperti Pakar Kelautan dan Perikanan I Ketut Sudiarta yang membahas pentingnya menjaga kedaulatan laut dan Penyarikan Agung MDA Bali I Ketut Sumarta yang membahas makna penting laut bagi kehidupan krama Bali.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023