Memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan menggelar upacara bendera. Sejumlah kader menggunakan pakaian adat saat menggelar upacara yang berlangsung  di halaman sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, Kamis (1/6).

Bupati Tabanan Komang Gede  Sanjaya mengatakan,  dengan menggunakan pakaian adat ini sudah merupakan tradisi untuk menghargai kebhinekaan. Apalagi di Bali sudah ada perda, selain hari Kamis, purnama tilem dan hari-hari besar berpakaian adat.

"Hal ini untuk menunjukkan, bahwa kita adalah bangsa yang mencintai kebhinekaan serta tradisi adat dan budaya yang adiluhung yang dimiliki di masing-masing daerah," ujar Sanjaya.

Bupati Tabanan Gede Sanjaya yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan menambahkan,  peringatan hari lahirnya Pancasila ini sangat penting dilakukan setiap tahunnya.

 Di samping untuk mengenang sejarah hari lahirnya Pancasila sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, juga sebagai upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa NKRI. 

"Kita bersama patut bersyukur karena hari ini diberi kesehatan dan kekuatan mengikuti upacara bendera. Ini merupakan sebuah amanah dan kewajiban kita selaku kader partai dan selaku anak bangsa yang diamanatkan oleh Megawati, serentak di seluruh Indonesia untuk melaksanakan upacara bendera di kantor sekretariat masing-masing,"kata Sanjaya. 

Menurut Sanjaya selaku pengurus partai yang duduk di eksekutif dan yang duduk di legislatif, pada hari ini berfokus serta berpusat di kantor DPC adalah merupakan kewajiban.

Hal ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kegiatan, sehingga segenap pengurus partai dari Kabupaten hingga Desa wajib hadir, begitupun dengan kader, simpatisan maupun sayap partai. 

"Selaku generasi harus tetap menggelorakan peringatan ini karena sudah merupakan amanah. Hari ini kita patut berbahagia dan berbangga negeri ini bisa disatukan berkat Pancasila. Dimana Pancasila diproklamirkan oleh Bung Karno, patut kita syukuri. Mudah-mudahan di tahun ini dan juga tahun depan ada hajatan politik, kita tetap solid dan bersatu membangun bangsa," kata Sanjaya

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023