Berbagai usaha produktif warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara, yang merupakan program pembinaan diminati konsumen.

“Di sini kami memberikan kegiatan dan keterampilan yang bersifat produktif seperti beternak, budidaya perikanan, kerajinan tangan dan lain-lain,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Negara Lilik Subagiyono di Negara, Kamis.

Ia mengatakan, salah satu usaha pembinaan dengan hasil yang memuaskan adalah peternakan ayam petelur.

Menurut dia, dari 500 ekor ayam yang dipelihara oleh warga binaan, setiap harinya bisa menghasilkan 400 sampai 450 telur yang langsung habis diambil pelanggan.

“Kami menerapkan sistem peternakan modern seperti pemberian pakan, hingga pengawasan dan pemisahan ayam yang sakit,” kata Putu Sudiasnawa selaku Pembina Pengelola Kemandirian peternakan tersebut.

Selain ayam petelur, peternakan babi juga menjadi program unggulan pembinaan bagi penghuni rumah tahanan yang berlokasi di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara tersebut.

Lilik mengatakan, ada 40 ekor babi yang dipelihara dari indukan, bibit hingga penggemukan yang siap jual.

Untuk berbagai pelatihan keterampilan itu, ia mengatakan, warga binaan dibagi dalam sejumlah kelompok kerja sesuai dengan minat mereka.

“Selain ayam petelur, disini juga ada budidaya ikan air tawar seperti gurami, lele dan ikan patin. Kemudian ada pertanian berbagai sayuran, serta bengkel las dan pembuatan batako,” katanya.

Khusus batako, ia mengatakan, selama bulan April sebanyak 1800 buah terjual dan pesanan terus berdatangan, karena batako buatan warga binaan tersebut memiliki kualitas bagus dengan harga bersaing.

Dari seluruh kegiatan pembinaan yang mengarah pada keterampilan warga binaan itu merupakan implementasi dari prinsip lembaga pemasyarakatan yaitu mengayomi dan memberikan bekal hidup, agar warga binaan bisa menjalankan perannya dengan baik di masyarakat saat bebas.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Nyoman Tulus Sedeng mengatakan, pihaknya membantu pemasaran dari produk yang dihasilkan warga binaan.

“Pemasaran dilakukan petugas lewat sosial media maupun langsung ke masyarakat. Ada banyak produk dari warga binaan kami mulai kerajinan, peternakan, pertanian, mebeler dan lain-lain,” katanya.

Salah seorang warga binaan yang mengikuti kelompok kerja peternaka mengatakan, ingin menerapkan keterampilan beternak saat sudah bebas.

Dalam memberikan keterampilan kepada warga binaannya, Rutan Kelas IIB Negara menjalin kerjasama dengan pihak ketiga termasuk dengan Dinas Pertanian Dan Pangan Jembrana yang memberikan bantuan kambing. ***2***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023