Dinas Perhubungan Kabupaten Badung di Provinsi Bali mengerahkan 165 petugas lapangan untuk membantu mengatur lalu lintas kendaraan pada masa mudik Lebaran 2023.

"Kami siap menjaga, mengamankan, dan mengatur kelancaran lalu lintas di wilayah Badung selama masa mudik Lebaran berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma di Mangupura, Selasa.

"Kami juga melakukan penjagaan di sejumlah titik untuk pengaturan dan pengamanan lalu lintas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Badung," kata dia.

Dia mengatakan bahwa Dinas Perhubungan melakukan pembagian personel pada masing-masing pos pengamanan dan pelayanan serta melakukan pengecekan kendaraan sebelum masa mudik.

Baca juga: BNN tes urine supir bus dan pemudik di Terminal Mengwi

"Kami juga telah melakukan ramp check gratis bagi kendaraan yang akan menjadi armada angkutan mudik, yang dilakukan oleh BPTD Wilayah XII Bali-NTB di Terminal Mengwi," kata dia.

Yuda mengatakan bahwa Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait lain dalam melakukan pengaturan dan pengamanan lalu lintas kendaraan pada masa mudik.

Menurut dia, koordinasi antara lain dilakukan dengan kepolisian, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, PT Jasa Raharja, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Dinas Perhubungan Kabupaten memperkirakan lalu lintas kendaraan di daerah Kuta dan objek-objek wisata lainnya di kawasan Badung Selatan meningkat pada masa libur Lebaran tahun 2023.

Peningkatan lalu lintas kendaraan di tempat-tempat wisata tersebut, menurut Yuda, dapat berdampak pada lalu lintas kendaraan di Jalan Mengwitani-Kapal-Lukluk-Sempidi Badung pada masa mudik.

Baca juga: Polda Bali tambah dua kantong parkir atasi kepadatan di Padangbai

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023