Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) memberi pelatihan pencarian dan penyelamatan (SAR) kepada 50 orang potensi SAR di Nusa Penida, terdiri atas anggota TNI/Polri, pegawai instansi pemerintahan, anggota organisasi masyarakat, dan relawan.

“Perlu dilatih potensi SAR yang ada di Pulau Nusa Penida untuk memiliki kemampuan SAR, dan dapat diberdayakan jika terjadi emergency (darurat, red.) khususnya kecelakaan di medan ketinggian,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Didi Hamzar saat pelatihan sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Denpasar, Rabu.

Pelatihan itu, yang berlangsung selama 1 minggu yaitu pada 27 Maret 2023 sampai dengan 2 April 2023, bertujuan memperkuat kemampuan potensi SAR di Nusa Penida untuk terlibat dalam aksi pencarian dan penyelamatan terutama saat ada warga dan wisatawan yang mengalami insiden di sekitar perairan dan di medan ketinggian. 

Nusa Penida, yang menjadi salah satu destinasi populer bagi wisatawan, memiliki bentang alam tebing-tebing, pantai pasir putih, dan perairan yang menjadi tujuan olahraga menyelam.

Dalam kegiatan yang sama, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyambut baik pelatihan potensi SAR di Nusa Penida. Ia mengatakan keselamatan wisatawan terutama mereka yang beraktivitas di kawasan-kawasan berisiko seperti perairan, pantai, dan tebing-tebing selalu menjadi prioritas.

Baca juga: Tim SAR selamatkan warga Rusia terseret ombak di Pantai Kelingking

“Ketika kunjungan (wisatawan, red.) mulai ramai kita tidak hanya cukup bicara tentang jalan, listrik, air minum, karena yang penting juga kenyamanan dan keselamatan wisatawan,” kata Bupati Klungkung.

Oleh karena itu, dia berharap peserta pelatihan dapat menyerap seluruh materi sehingga mereka dapat bekerja lebih profesional saat terlibat dalam aksi pencarian dan penyelamatan.

Dalam pelatihan itu, para peserta mendapat pembekalan materi mengenai pertolongan medis pertama (medical first responder), dan teknik penyelamatan di ketinggian (high angle rescue technique). Nantinya, peserta yang dinilai kompeten akan mendapat sertifikat dari Basarnas.

Sejak Januari 2023 sampai dengan Maret 2023, beberapa wisatawan asing mengalami insiden saat berenang di perairan Nusa Penida, di antaranya di sekitar Pantai Kelingking, dan di Diamond Beach.

Insiden teranyar terjadi di Pantai Kelingking pada Minggu (26/3). Seorang wisatawan asal Rusia tergulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking. Tim SAR Gabungan pun langsung bergerak ke lokasi dan berhasil menyelamatkan WNA Rusia tersebut.

Baca juga: Tim SAR cari nelayan terempas ombak di Uluwatu

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023