Bupati Karangasem I Gede Dana mengharapkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah menghasilkan komitmen dalam peningkatan dan pengembangan UKS.

"Melalui rakerda ini diharapkan mampu menghasilkan komitmen bersama untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan UKS di Kabupaten Karangasem sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dan sumber daya yang ada pada masing-masing sektor terkait," kata dia saat membuka Rakerda Tim Pembina UKS di Karangasem, Provinsi Bali, Rabu.

Ia menyebut Tim Pembina UKS sesungguhnya memiliki peran penting, di mana programnya dapat mengajarkan masyarakat dan anak didik tentang gaya hidup sehat.

Dalam rakerda tersebut, juga diberikan pengetahuan tambahan bagi tim pembina dan pelaksana UKS untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama lintas sektor dan lintas program, dalam pembinaan dan pengembangan UKS.

Program pokok UKS, diharapkan mendorong tiga aspek utama bagi siswa seperti pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Harapan saya seluruh peserta yang hadir pada kesempatan ini baik Tim Pembina Kabupaten Karangasem, Tim Pembina Kecamatan dan Tim Pelaksana UKS/M, TK RA, SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Karangasem dapat mengikuti rapat kerja daerah ini dengan baik,” ujar orang nomor satu di Pemkab Karangasem itu.

Ia mengatakan komitmen pengembangan UKS sejalan dengan program prioritas Pemkab Karangasem meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat, khususnya melalui lingkungan sekolah sebagai pencetak generasi penerus dalam membangun bangsa dan daerahnya.

Selain itu, harus diakui bahwa hal ini merupakan implementasi dari amanat Peraturan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri yang relevan dengan situasi kesehatan saat ini, yaitu peralihan dari pandemi menuju endemi.

“Sehingga dengan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan yang dimulai dari lingkungan sekolah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran peserta didik dan masyarakat sekolah,” kata Gede Dana.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023