Perusahaan listrik asal Timor Leste, Electricidade de Timor Leste Empresa Publica melakukan kunjungan di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Bali, Selasa sekaligus langkah awal untuk menjajaki kerja sama pengembangan sumber daya manusia untuk urusan kelistrikan.
 
Kedatangan rombongan perusahaan listrik asal Timor Leste tersebut disambut langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) UID Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Selasa.

Vice President Electricidade de Timor Leste Empresa Publica Homberto Pereira mengapresiasi PLN UID Bali yang telah menerima kunjungan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan seluruh timnya khususnya dalam aspek teknis kelistrikan.

“PLN Bali memiliki kinerja yang sangat baik, sehingga kami ingin belajar langsung, jika diperkenankan dapat mengunjungi lokasi-lokasi lain seperti pembangkitan dan transmisi untuk menambah pengalaman,” kata Homberto.

Dalam kesempatan tersebut Homberto yang turut didampingi oleh Technical Advisor Binsar Simangunsong menyampaikan keinginannya untuk menjajaki kerja sama di bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Mimpi kami adalah agar masyarakat lokal di sana mampu mengoperasikan aset-aset kami, karena selama ini dengan memberikan pengelolaan kepada tenaga kerja asing, tidak ada transfer pengetahuan kepada tenaga kerja setempat,” kata Binsar.

Demi memperkaya pengalaman tim Electricidade de Timor Leste Empresa Publica (EDTL, E.P) dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh PT Indonesia Power, PT Nusantara Power, PT Icon Plus, PLN pasukan pusat pengatur beban (P2B), serta bidang-bidang terkait lainnya.

Senior Manager Perencanaan PT PLN (Persero) UID Bali Putu Putrawan memaparkan profil ketenagalistrikan subsistem Bali secara keseluruhan dari hulu yakni pembangkitan dan transmisi hingga hilir yakni di sisi jaringan, serta di sisi pelanggan.

“Kondisi sistem kelistrikan subsistem Bali saat ini dalam kondisi andal, yakni beban puncak tertinggi mencapai 951,1 MW dan daya mampu pembangkit sebesar 1.430 MW, dimana telah memenuhi reserve margin sebesar 31 persen,” kata Putu.
 

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023