Denpasar (Antara Bali) - Bentara Budaya Bali (BBB), sebuah lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia kembali menggelar beragam kegiatan kultural selama bulan Desember 2012.

"Berbagai kegiatan budaya itu mulai dari teater, pameran seni grafis, pemutaran sinema dan dialog-dialog budaya yang menarik," kata Juwitta Katrina Lasut, bidang program dan administrasi Bentara Budaya Bali, Sabtu.

Di sela-sela pembukaan pameran Ilustrasi Cerpen KOMPAS 2011 oleh Guru Besar Unversitas Udayana Prof Dr Nyoman Darma Putra, M.Litt yang juga kritikus sastra Indonesia, ia mengatakan, beragam kegiatan kultural tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya bangsa.

Pameran Ilustrasi Cerpen KOMPAS 2011 menyuguhkan 50 karya para perupa berasal dari tujuh daerah di Indonesia, antara lain dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Magelang, Solo, dan Surabaya.

Ilustrasi yang mereka tampilkan itu, daya pukaunya melampaui teks yang diiringkannya. Teks absolut. Namun ilustrasi, juga bisa absolut kukuh.

Karya sketsa, karikatur, kartun, ilustrasi cerpen, novel, komik dan seni lukis sebagai langitnya, pada dasarnya merupakan media komunikasi sekaligus ekspresi estetik seniman untuk menyampaikan suatu gagasan. (*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012