Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara, Kabupaten Jembrana, Bali melakukan tes VCT (Voluntary Counseling and Testing)  warga binaannya untuk mendeteksi apakah mengidap HIV/AIDS.

“Ada 26 warga binaan yang menjalani tes VCT. Dari jumlah itu, 24 laki-laki dan 2 perempuan,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Negara Lilik Subagiyono, Rabu.

Ia mengatakan, tes VCT yang dilakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Jembrana dan Puskesmas I Negara ini dilakukan untuk deteksi dini penularan HIV.

Sebelum dilakukan tes, warga binaan terlebih dahulu mendapatkan konseling terkait HIV/AIDS.

“Dengan konseling kami harapkan mereka paham bahaya HIV/AIDS, sehingga menghindari prilaku yang dapat menyebabkan tertular virus tersebut,” katanya.

Petugas dari Puskesmas yang melakukan VCT mengatakan, dari seluruh contoh darah yang diambil terhadap 26 warga binaan itu, tidak ada yang terinfeksi virus HIV.

Selain VCT, kegiatan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59 ini juga diisi dengan konseling kesehatan mental yang diikuti 128 warga binaan.

“Khusus VCT akan rutin kami lakukan, baik terhadap warga binaan baru maupun yang sudah lama. Hal itu untuk deteksi dini penularan virus tersebut,” kata Lilik. ***2***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023