Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melakukan audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di ruang kerjanya di Jakarta, dalam upaya mengembangkan kawasan wisata Kintamani, Danau Batur dan wilayah sekitarnya.

"Saat bertemu Menko Luhut, kami menyampaikan usulan program pengembangan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya. Sementara di sisi lain tahun 2024 Danau Batur direncanakan sebagai salah satu locus pelaksanaan Word Water Forum (WWF)," kata Bupati Sedana Arta, dalam siaran persnya, di Bangli, Selasa.

Ia menyampaikan beberapa usulan pengembangan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya, di antaranya mengenai pembangunan museum air dan sarana/prasarana pendukungnya, pengerukan sedimentasi dan penataan KJA model floating, penataan sempadan Danau Batur, penataan Desa Bali Kuno Trunyan, pelebaran ruas jalan Penelokan menuju Danau Batur, pembangunan The President Tower, pembangunan pabrik pengolahan pupuk organik, pembangunan TPST 3 R, dan pembangunan Instalasi pengolahan air minum.

Baca juga: PLN sediakan dua SPKLU di Kintamani dukung ekosistem motor listrik

Danau Batur dan sekitarnya termasuk kawasan wisata yang menyandang banyak status, di antaranya geopark, KSPN, Warisan Budaya Dunia (WBD), termasuk salah satu dari 15 danau prioritas nasional, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus baik dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Kita berharap pemerintah pusat membantu majukan kawasan wisata KIntamani, Danau Batur, dan wilayah sekitarnya,” ujar Sedana Arta.

Pada kesempatan itu, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta langsung menyampaikan undangan kepada Menko Marves untuk bisa hadir dalam penuangan eco enzyme sebagai aksi nyata kegiatan pelestarian lingkungan khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas Danau Batur.

Kegiatan itu dilaksanakan pada perayaan serangkaian HUT Kota Bangli pada bulan Mei 2023.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menerima audiensi Bupati Sedana Arta mengatakan semua usulan yang dibawa Bupati Bangli terkait pengembangan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya akan dibahas dengan kementerian teknis terkait.

Baca juga: Bupati Bangli lepas 500 peserta "Speed Erawang Adventure Trail"

Ia juga menyampaikan keinginannya untuk hadir dalam penuangan puluhan ton eco enzyme. “Mudah-mudahan kami bisa berkunjung langsung ke Danau Batur untuk bisa melihat kondisi dan permasalahan di danau tersebut,” katanya pula.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangli didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Bangli, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli.

 
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023