Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali bertekad meningkatkan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk program bedah rumah sehingga makin banyak warga kurang mampu yang bisa menempati rumah layak huni.

"Sekarang setiap tahun hanya bisa dibangun 2.000 rumah layak huni, mungkin ke depan bisa ditingkatkan menjadi 4.000 unit," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika di sela melepas jalan santai serangkaian Kompas Gramedia Fiesta 2012, di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Minggu.

Menurut Pastika, masyarakat Pulau Dewata terlihat sudah sangat antusias melaksanakan dan mengawal program-program Bali Mandara sehingga dengan demikian harapannya dapat diteruskan, disempurnakan serta diperdalam.

Di Bali hingga saat ini terdapat sekitar 20 ribu rumah tidak layak huni yang terpaksa harus ditempati oleh warga kurang mampu. Pemprov Bali semenjak 2010 telah menggelontorkan bantuan bedah rumah senilai Rp25 juta per unit dan telah terbangun sekitar 5.000 rumah.

Sementara itu, Jalan Sehat Kompas Gramedia Fiesta, yang dilepas Gubernur Bali Made Mangku Pastika, nampak mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Sebanyak 4.300 lebih tiket Bali Jalan Sehat Kompas Gramedia Fiesta yang disiapkan panitia, habis terjual sejak tiga hari sebelum puncak kegiatan.

Ketua Panitia Kompas Gramedia Fiesta Bali 2012 Anak Agung Rai Sahadewa mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai wahana menciptakan sinergitas antarunit usaha Kompas Gramedia di Bali dan juga bentuk partisipasi nyata Kompas Gramedia membangun Bali yang sehat.

Selain jalan santai, Kompas Gramedia Fiesta 2012 di Bali ini juga dimeriahkan dengan senam massal, lomba mengukir buah dan mewarnai, serta pameran UMKM dan kuliner.

Kompas Gramedia Fiesta 2012 didukung Kompas, Gramedia, grup Hotel Santika, DewataTV, dan Bentara Budaya Bali serta sejumlah sponsor lainnya. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012