Pemerintah Kota Denpasar, Bali melakukan safari kesehatan dengan menyediakan berbagai layanan pemeriksaan yang diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat.

"Safari kesehatan ini diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan bagi warga masyarakat secara optimal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar Candrawati dalam acara safari kesehatan di Banjar Gelogor Carik, Denpasar, Jumat.

Dikatakan layanan bisa optimal, ujar Candrawati, karena dilangsungkan dengan metode jemput bola dan berkeliling ke wilayah puskesmas yang ada di Kota Denpasar. 

"Hari ini kami mengawali kegiatan safari kesehatan ini di Banjar Gelogor Carik yang masuk dalam wilayah Puskesmas III Denpasar Selatan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Dinkes Kota Denpasar, turut menggandeng The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian (YPK) Bali, serta Puskesmas III Denpasar Selatan. 

Adapun layanan kesehatan yang disediakan meliputi pemeriksaan kesehatan, pengecekan penyakit tidak menular seperti pemeriksaan gula darah dan tekanan darah serta pemberian vitamin A untuk anak-anak.

Pada tahun 2023 ini, pihaknya berencana akan menggelar 11 kali safari kesehatan, dalam rangka HUT Kota Denpasar, dan 11 kali lagi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional. 

"Dengan bersafari seperti ini, kami berupaya mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat " ucapnya.

Pelaksanaan safari kesehatan ini juga diisi dengan pemberian vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum, yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemkot Denpasar.

Selain vaksin dan layanan kesehatan, warga masyarakat juga bisa mendapatkan pemeriksaan IVA sekaligus diberikan  penyuluhan tentang kanker serviks,  layanan fisioterapi oleh pihak YPK. 

"Besar harapan kami, safari Kesehatan ini bisa memberikan manfaat bagi warga masyarakat," harap Candrawati.

Oleh pihak penyelenggara disediakan pula layanan pemeriksaan mata, pembagian kaca mata  hingga operasi katarak yang melibatkan The John Fawcett Foundation (JFF). Selain itu, terdapat pula layanan fisioterapi yang dikoordinir oleh pihak Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali

Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan ini sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

"Dengan berkeliling ke desa/kelurahan seperti ini dan dengan fasilitas layanan kesehatan yang lengkap, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat," katanya.

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023