Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali meminta seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas saat pelaksanaan Pemilu tahun 2024 untuk memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas wewenang serta kewajibannya.

"Ini adalah tugas berat yang harus dipikul oleh seluruh pihak, terutama anggota PPS sebagai ujung tombak pemilu di Desa," kata Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitia Pemungutan Suara di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa.

Ia mengatakan Pemilu 2024 yang akan datang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat lima tahun ke depan yang harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kesuksesan pemilu menurutnya membutuhkan dukungan dan peran serta dari semua pemangku kepentingan dan tidak bisa hanya dilihat dari segi prosedural tetapi juga dari sisi substansial.

Dalam kesempatan itu, KPU Kabupaten Tabanan melantik 399 orang panitia pemungutan suara yang akan ditugaskan selama proses pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

"PPS yang berjumlah 399 orang harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya, pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat, sehingga kesuksesan pemilihan umum tahun 2024 dapat tercapai," tambah Bupati Sanjaya.

Bupati Komang Gede Sanjaya berharap nantinya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di wilayah Tabanan dapat berjalan dengan aman dan profesional.

Ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, yakni Pemkab Tabanan, Jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu dan jajaran terkait lainnya agar selalu berkolaborasi dan bersama-sama mewujudkan hal tersebut.

"Saya yakin semua bagus dan solid karena KPU sudah luar biasa, Bawaslu sudah luar biasa, TNI dan Polri juga hebat-hebat, saya rasa tidak akan ada persoalan yang berarti dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang," pungkas dia.

Pewarta: Pande Yudha/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023