Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta menyakini anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru dilantik di wilayahnya akan bekerja maksimal guna pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang berkualitas.

"Saya meyakini bahwa dengan pengalaman dan kemampuan sumber daya manusia penyelenggara pemilu di Badung dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya maka kami memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk mempersiapkan Pemilu yang jauh lebih baik dan berkualitas," ujar Bupati Giri Prasta di kawasan Kuta, Badung, Selasa.

Ia mengatakan kualitas pemilihan umum merupakan pondasi politik yang sangat penting dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan.

Untuk itu suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 menurutnya bukan saja menjadi tugas dari penyelenggara pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu dan DKPP semata, tetapi merupakan tugas semua pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Badung dan seluruh komponen masyarakat.

Pihaknya di pemerintahan Badung juga siap dalam memberikan dukungan moral, finansial dan fasilitas sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan

"Kami semua memiliki kepentingan yang sama agar Pemilu serentak tahun 2024 berjalan dengan aman dan damai, serta berkualitas dan berintegritas," kata dia.

Bupati Giri Prasta menjelaskan penyelenggaraan pemilihan umum juga wajib menjamin tersalurkannya suara rakyat secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Di sisi yang lain, penyelenggaraan pemilu harus memenuhi prinsip-prinsip mandiri, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

"Oleh karena itu ini merupakan kewajiban kita semua untuk mewujudkan cita cita luhur dari amanat undang undang tersebut," ungkap dia.

Ketua KPU Kabupaten Badung Wayan Semara Cipta menambahkan saat ini jumlah penduduk Kabupaten Badung sebanyak 517 ribu jiwa yang membuat kuota kursi DPRD Badung mengalami kenaikan dari 40 kursi menjadi 45 kursi pada tahun 2024.

"Kami sebagai penyelenggara pemilu bertugas sebagai pembawa kebaikan dan berkontribusi untuk kebaikan dalam menyelenggarakan pemilu khususnya bagi Kabupaten Badung tercinta," tambah dia.

Pada tahun 2024 mendatang, penyelenggaraan pemilu serentak pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, serta DPRD provinsi dan kabupaten/kota akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Selanjutnya penyelenggaraan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023