Pariaman (Antara Bali) - Sekitar 3.000 siswa di Kota Pariaman, Sumatra Barat, akan mengikuti pawai pembukaan "Pesta Tabuik", Kamis.
        
Pesta Tabuik adalah perayaan lokal dalam rangka memperingati Asyura, gugurnya Imam Husain, cucu Nabi Muhammad SAW, yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatra Barat, khususnya di Kota Pariaman.
        
Ketua panitia pelaksana Pesta Tabuik, Tundra Laksamana, mengatakan, segala persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan kegiatan yang telah menjadi ikon pariwisata Kota Pariaman ini.
        
"Rangkaian kegiatan pesta tabuik akan dimulai dengan pawai satu Muharam, dan akan dibuka Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman di kantor wali kota dan akan dilanjutkan sampai ke Pantai Gondoriah," katanya.
        
Setelah rombongan pawai sampai di pantai, dilanjutkan dengan tabligh akbar yang akan diikuti warga Kota Pariaman.
        
"Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pesta tabuik yang akan berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 15 sampai dengan 25 November," ujarnya.
       
Pemerintah Kota Pariaman terus berupaya untuk meningkatkan kualitas penampilan pesta tabuik dengan berbagai upaya, termasuk melakukan kerjasama dengan dewan kurator.(*/M038)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012