Negara (Antara Bali) - Bupati Jembrana, I Putu Artha, memerintahkan Dinas Kelautan, Perikanan dan Kehutanan untuk mengawal dan menjaga kelompok usaha ikan, agar mereka bisa bertahan dalam persaingan usaha yang kian ketat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Artha, usai memberikan bantuan dan menebar ribuan bibit ikan gurami di kolam milik Kelompok Mina Usaha Karya di wilayah barat Bali itu, Sabtu.

"Dinas terkait harus mampu mengatasi persoalan utama petani ikan air tawar, yaitu masalah pemasaran. Kalau pasarnya bagus, akan makin banyak masyarakat kita yang tertarik mengembangkan budidaya ikan," katanya.

Untuk mempertahankan gairah masyarakat dalam budidaya ikan air tawar, menurut Artha, harus dijalin hubungan dengan daerah lainnya baik untuk pemasaran maupun penyediaan bibit.

Sementara Kepala Dinas Kelautan, Perikanan Dan Kehutanan Jembrana, I Made Dwi Maharimbawa mengatakan, selain bibit, kelompok peternak ikan juga mendapatkan 13 karung pakan ikan.

"Ini baru budidaya percontohan, nantinya di masing-masing kecamatan akan ada 50 unit kolam," katanya.

Menurut Maharimbawa, budidaya ikan air tawar ini, selain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, juga untuk memenuhi standar nasional konsumsi ikan. (GBI/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012