Bupati Karangasem I Gede Dana menyampaikan apresiasinya karena layanan Antar Jemput Pasien (AJP) menjadi finalis Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022).

“Kami sangat mengapresiasi layanan AJP masuk sebagai finalis IHIA VI 2022. Ini gagasan kami untuk memenuhi hak dasar masyarakat di Kabupaten Karangasem. Dengan layanan ini masyarakat sangat dimudahkan dan bisa dengan cepat menuju ke fasilitas dan layanan kesehatan,” kata Gede Dana.

Di Kabupaten Karangasem, Bali, Bupati Gede Dana menjelaskan bahwa layanan Antar Jemput Pasien atau AJP merupakan program yang ia gagas sebagai inovasi layanan kesehatan.

"AJP, sebuah layanan dasar kesehatan bagi masyarakat sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang sulit dijangkau," ujarnya menyampaikan tujuan dari program tersebut.

Layanan tersebut kemudian terpilih menjadi satu dari puluhan finalis se-Indonesia dalam Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022) pada kategori Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.

"Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022) sendiri merupakan kegiatan yang digelar oleh Indonesia Healthcare Forum sebagai penghargaan atas inovasi anak bangsa di bidang kesehatan, baik sifatnya perorangan maupun lembaga," kata orang nomor satu di Pemkab Karangasem itu.

Baca juga: Tim Kewaspadaan Dini Pemkab Karangasem diingatkan cegah konflik ketika KTT G20

Terdapat lima kategori yang diperebutkan antara lain, inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS, inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu atau SPGDT, inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan, inovasi Alat Kesehatan atau ALKES, dan inovasi IT Kesehatan.

Sementara itu, layanan AJP milik Kabupaten Karangasem yang dibangun berdasarkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Prakerthi Nadi dilirik Kementerian Kesehatan karena dianggap sebagai sebuah inovasi layanan gawat darurat terpadu yang paling dibutuhkan masyarakat.

Gede Dana mengatakan, nantinya finalis atau lembaga yang meraih penghargaan akan diumumkan secara langsung saat Grand Final Penganugerahan IHIA VI 2022, di Ballroom Djakarta Theater pada Kamis (24/11).

Baca juga: Pemkab Karangasem tingkatkan kesiagaan warga hadapi erupsi Gunung Agung

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022