Nusa Dua (Antara Bali) - Ratusan anak taman kanak-kanak mengikuti lomba melukis menggunakan jari tangan dalam rangkaian kegiatan seni budaya Nusa Dua Fiesta (NDF) ke-15 tahun 2012.

"Kegiatan ini diikuti anak-anak TK perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Badung. Namun yang mendominasi pesertanya dari Kecamatan Kuta Selatan dan Kecamatan Kuta," kata Ketua Panitia "Finger Painting" NDF 2012 Meli Sudiarthi di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Sabtu.

Ia mengatakan lomba tersebut selain diikuti ratusan anak TK juga melibatkan guru mereka. "Kami ingin mengajak anak-anak TK tampil dan percaya diri dalam ajang lomba ini yang juga disaksikan banyak wisatawan asing," ujarnya.

Meli Sudiarthi mengatakan, dengan lomba ini diharapkan kepada anak-anak untuk melatih agar percaya diri dan berani untuk menumbuhkan kemandirian dalam melahirkan kreativitas di sekolah.

"Harapan ajang lomba ini tidak semata-mata untuk meraih juara, tapi yang lebih terpenting bagaimana membentuk karakter anak tersebut sejak dini berani, tak gagap dalam setiap lomba," ucapnya.

Jika ini bisa terbangun dengan baik dalam setiap individu sejak dini, maka anak-anak tersebut, mereka kelak akan menjadi generasi muda yang profesional dan mandiri.

Meli lebih lanjut mengatakan, lomba "finger painting" juga diikuti oleh para guru TK. Semua ini bertujuan mengukur kemampuan guru tersebut sejauh mana mampu menerapkan dan mengapresiasikan pelajaran melukis pada anak-anak didiknya.

Semua harapan tersebut, kata dia, sebagai apresiasi positif para guru lebih peka terhadap tantangan zaman, sehingga melalui lukisan ini para guru dituntut menjadi teladan kepada anak-anak didiknya.

"Semua disiplin ilmu yang didapat dari melukis diharapkan mampu memberi teladan bagi anak didiknya," ucapnya.

"Lomba `finger painting` ini sangat bagus bila digelar sesering mungkin, sebab anak-anak tersebut pasti akan lebih kreatif menuangkan ide-idenya kedalam sebuah lukisan," kata Meli.

Dikatakan, tema yang diangkat pada lomba melukis tersebut sesuai dengan tema NDF 2012 yaitu "Segara Lelanguan" atau menikmati keindahan alam laut. Oleh karena itu luukisan yang dibuat harus mengacu pad tema tersebut.

Untuk kategori anak-anak TK diraih oleh Roby Tulhoir dari TK Pembina Kecamatan Kuta, sedang untuk kelompok guru TK disabet Desak Antari dari TK Nilarta III Kuta Selatan. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012