Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak kaum milenial di daerahnya untuk meneladani dan mewarisi semangat muda-mudi pada masa revolusi perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94, kata Nyoman Suwirta di Klungkung, Bali, Jumat sebagai momentum untuk belajar semangat dari pemuda revolusi agar dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa Indonesia masa kini.
 
Saat menjadi inspektur upacara pada upacara bendera yang dilaksanakan di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Klungkung, Jumat, Nyoman Suwirta menyampaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda perlu dimaknai secara mendalam bukan sebagai seremonial belaka.
 
Menurut dia, peringatan Sumpah Pemuda mesti dimaknai sebagai upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu, untuk selanjutnya direnungkan, dipelajari dan menemukan kristalisasi nilai-nilai luhurnya terutama visi menuju bangsa yang besar.
 
Tema HUT Sumpah Pemuda tahun ini “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam, bahwa bersatu padu adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk membangun ketangguhan dan persatuan, serta peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Baca juga: Presiden: Sumpah pemuda 94 tahun lampau jadi pegangan masa kini
 
Karena itu, dalam rangka mewujudkan Klungkung yang unggul, Nyoman Suwirta mengajak seluruh elemen masyarakat di daerahnya menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda mengembangkan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Klungkung demi membangun daerah itu.
 
Bupati Nyoman Suwirta berharap segenap elemen masyarakat melakukan dan mengembangkan kerja-kerja kolaboratif antarpelbagai pihak karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, melainkan butuh kerja kolektif.
 
“Marilah kita jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat untuk bersama membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia," kata Bupati Suwirta.
 
Peringatan hari Sumpah Pemuda tahun pada hari ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekretaris Daerah Pemkab Klungkung I Gede Putu Winastra, Penglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Semaraputra dan Forkompinda Kabupaten Klungkung, serta undangan terkait lainnya.

 

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022