Gubernur Bali Wayan Koster menargetkan kontingen Provinsi Bali yang akan mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2022 meraih posisi tertinggi dengan mengungguli enam provinsi lainnya.

"Ini Pra Popnas, targetnya juara satu mudah-mudahan terwujud, saya kira ini suatu spirit yang sangat bagus meningkat dari sebelum-sebelumnya," kata Koster usai melepas kontingen di Denpasar, Jumat.

Adapun peserta yang akan diberangkatkan menuju Pra Popnas 2022 di Kalimantan Selatan, 22 Oktober hingga 2 November mendatang berjumlah 171 orang, terdiri dari 113 atlet pelajar, 23 pelatih, dan 35 ofisial.

Sebelumnya, pada Pra Popnas 2018, kontingen Pulau Dewata berada di peringkat keempat dari tujuh provinsi, sementara pada Popnas DKI Jakarta 2019 Bali menduduki peringkat lima dari 34 Provinsi se-Indonesia, sehingga optimisme tersebut muncul.

Baca juga: Kemenpora : Popnas jadi pintu gerbang lahirkan atlet berprestasi

Kepada kontingen, Gubernur Bali mengungkapkan keyakinannya bahwa seluruhnya merupakan atlet terbaik milik Bali yang dipilih berdasarkan seleksi ketat, sehingga telah menyiapkan diri dengan baik.

"Semangat juang pantang menyerah itulah yang menjadi modal dasar sangat penting yang harus dimiliki oleh para atlet yang akan berlaga nantinya dalam delapan cabang. Saya berharap kesiapan, optimisme dan tekad yang kuat dari seluruh atlet, pelatih dan ofisial kontingen dapat mewujudkan prestasi gemilang," katanya menambahkan.

Delapan cabang olahraga akan diikuti kontingen Bali dalam Pra Popnas 2022 yakni basket putra dan putri, voli putra dan putri, sepak bola putra, pencak silat putra dan putri, sepak takraw putra, bulutangkis putra dan putri, tenis lapangan putra dan putri, serta tinju putra.

Kontingen Bali ini selanjutnya akan berhadapan dengan kontingen enam provinsi lainnya meliputi Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah serta Kalimantan Utara.

Guna memenuhi target, Gubernur Koster meminta seluruh kontingen untuk mempersiapkan diri dengan matang serta berlaga dengan menjunjung sportifitas, bertanding dengan kejujuran serta bertingkah laku baik, sopan santun dan berdasarkan pada nilai-nilai budaya.

Baca juga: Menpora resmi buka POPNAS XV Tahun 2019

"Setelah melalui persiapan yang cukup matang, saya kira saatnya menghidupkan prestasi terbaik yang diharapkan akan terwujud guna mengharumkan nama Pemprov Bali, sekaligus upaya kita bersama memajukan olahraga di Provinsi Bali," kata orang nomor satu di lingkup Pemprov Bali itu.

Wayan Koster menyampaikan bahwa momen Pra Popnas 2022 yang akan berlangsung di Kota Banjarmasin dan Banjar Baru, Kalimantan Selatan, merupakan bagian dari proses pembibitan untuk mengembangkan dan menghasilkan atlet yang memberi kebanggaan di kancah nasional bahkan internasional.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022