Denpasar (Antara Bali) - Kandidat Bupati Karangasem I Wayan Sudirta SH tetap menjalankan tugasnya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal pemilihan Bali itu, sebelum masa kampanye calon Bupati Karangasem ditetapkan oleh KPU.

"Saya akan tetap menjalankan tugas sebagaimana biasa di Senayan Jakarta, sebelum KPU Karangasem menetapkan jadwal kepastian kampanye pasangan calon bupati tersebut," kata I Wayan Sudirta di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, kalau menjelang kampanye itu, baru akan cuti menjalankan tugas di DPD. Karena sebagai wakil rakyat tidak boleh mengabaikan tugas negara.

Menurut pria asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang Karangasem itu, walau harus pergi pulang dari Bali ke Jakarta itu tidak mengalami hambatan.

"Saya tidak menjadi masalah walau harus bolak balik dari Bali ke Jakarta. Ini amanah rakyat yang harus saya jalankan," ucapnya.

Dikatakan, rencana pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut pada 4 Mei 2010. Hingga kini pihaknya belum tahu jadwal pasti untuk kampaye calon bupati itu.

Sudirta yang juga pengacara itu mengatakan, dirinya menjadi calon bupati diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpasangan dengan kader partai I Wayan Astawa.

Ia mengatakan, bersama tim pemenangan kampanye secara bertahap akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program-program unggulannya.

Hal itu berdasarkan dari survei lembaga independen yang dilakukan kepada masyarakat. Bahwa berdasarkan hasil survei tersebut kreteria yang paling tinggi yang diharapkan warga adalah pemimpin yang bersih dan jujur.

"Dalam kreteria itu masyarakat Karangasem menempatkan 27,58 persen. Disusul dengan kreteria pemimpin harus perhatian dengan masyarakat sebesar 26,08 persen," katanya.

Selain itu menjadi pemimpin di bumi lahar tersebut yang diharapkan masyarakat adalah komunikatif dan mudah dipahami sebesar 13,75 persen,  berjasa bagi kabupaten setempat 16 persen, program kerja menarik 9,67 persen, berwibawa dan karismatik 5,09 persen, tingkat pendidikan tinggi 0,09 persen dan lainnya hanya 0,92 persen.

Dengan kreteria tersebut, kata Sudirta, jika nanti dirinya terpilih menjadi Bupati Karangasem siap bekerja untuk kepentingan masyarakat dan menjunjungi tinggi pemerintahan yang bersih.

"Ini sudah menjadi komitmen untuk dapat membangkitkan masyarakat Karangasem. Termasuk yang selama ini belum digarap oleh bupati terdahulunya, saya siap melanjutkan," kata Sudirta menegaskan. (*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2009