Binaragawan Ade Rai bersama perusahaan rintisan (startup) Fita mengajak masyarakat untuk membangun kebiasaan hidup sehat sehari-hari selama 21 hari melalui program “Healthy Living by Ade Rai” yang dapat diunduh di Apple App Store.

Ade Rai mengatakan program didesain untuk membantu pengguna membangun pola hidup sehat dengan memahami lebih jauh tentang tubuh manusia untuk mencapai hasil kebugaran yang lebih maksimal.

Program tersebut berfokus untuk mencapai komposisi tubuh ideal, yaitu memiliki massa otot yang banyak dengan kadar lemak yang sedikit.

Baca juga: Ade Rai sarankan olahraga jelang waktu buka puasa

“Banyak orang ingin menurunkan berat badan, padahal sebenarnya yang dimaksud adalah menurunkan kadar lemak (fat loss) karena massa otot tetap harus dijaga,” kata Ade Rai di Jakarta, Rabu.

Komposisi tubuh merupakan konsep penting yang harus dimengerti sebelum menentukan tujuan akhir kebugaran. Ade Rai menjelaskan bahwa tubuh manusia terdiri dari otot, tulang, organ, cairan atau air, serta lemak.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi massa otot seperti tinggi badan, level kebugaran, suku, dan ras. Untuk laki-laki, massa otot dapat dikatakan baik jika persentasenya berada di angka 40-44 persen untuk usia 18-35 tahun, 36-40 persen untuk usia 36-55 tahun, 32-35 persen untuk usia 56-75 tahun, serta tidak jauh dari 31 persen untuk usia 76-85 tahun.

Untuk wanita, persentase massa otot ide inialnya adalah 31-33 persen untuk usia 18-35 tahun, 29-31 persen untuk usia 36-55 tahun, 27-30 persen untuk usia 56-75 tahun, serta tidak terlampau jauh dari angka 26 persen saat usia 76-85 tahun.

Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono menambahkan program ini dirancang tidak hanya menyediakan pemahaman mengenai komposisi tubuh, peran massa otot untuk membakar lemak dan kesehatan tulang, melainkan juga tips menjadikan olahraga sebagai kebiasaan.

Baca juga: Ade Rai bagikan tips atur pola makan sehat






 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022