Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya membuka "TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 di Lapangan Pura Muncak Sari, Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Tabanan, Selasa.

Dengan tema “dedikasi terbaik membangun NKRI”, TMMD ke-114 menjadi bukti terbangunnya sinergitas dan kemanunggalan di antara TNI dan pemerintah daerah melalui
program terpadu mempercepat pembangunan daerah di Kabupaten Tabanan.

"Saya berharap solidaritas dan sinergisitas antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat terjalin dengan baik, baik selama masa pelaksanaan maupun sesudahnya," ujar Bupati Sanjaya.

Baca juga: Bupati Tabanan: Koperasi mitra pemerintah bangkitkan ekonomi masyarakat

Pembangunan yang dilakukan yakni pembangunan non-fisik berupa infrastruktur jalan, pelebaran badan jalan, pengerasan dan betonisasi badan jalan, pembuatan plat beton dan pembuatan gorong-gorong serta beragam kegiatan non-fisik seperti sosialisasi di masyarakat, bentuk sinergitas dan kolaborasi TNI, BNN, dinas sosial dan dinas kesehatan.

Bupati Tabanan Sanjaya menambahkan   kontribusi dari seluruh masyarakat untuk bersedia bekerjasama dan bergotong-royong demi suksesnya kegiatan fisik dan non fisik yang akan dilaksanakan selama 1 bulan serta menjaga dan memelihara dengan baik saluran air dan merawat jalan, menghidupkan kembali budaya tedun, ngayah, dan mejadikan momentum TMMD sebagai sarana mempererat kembali rasa kebersamaan, rasa persatuan.

"Sagilik-saguluk salunglung sabayantaka. Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya TMMD yang memiliki sebuah nilai ekonomi yang sangat baik. Yang dibangun adalah infrastruktur jalan, karena Tabanan kan daerah pertanian, banyak sekali hasil-hasil komoditas, produksi pertanian, jika infrastrukturnya baik maka akan memudahkan, mengefisienkan dan memurahkan biaya produksi," kata Sanjaya. 

Baca juga: Tabanan adakan Lomba Barong Bangkung untuk kalangan muda

Dalam laporannya, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, dalam laporannya menyampaikan, perbaikan jalan sebagai penghubung antara 2 kecamatan sangat bermanfaat baik dari segi aspek ekonomi, melancarkan transportasi dan distribusi pertanian.

"Untuk sasaran giat non-fisik, kami berkeyakinan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, kecintaan para pemuda-pemudi terhadap NKRI dan juga beberapa hal tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat, serta kegiatan sosialisasi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan di masyarakat,"katanya.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022