Gojek dan GoTo Financial menggandeng banyak pihak termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), UN Women, hingga Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) untuk mengadakan pelatihan digital bagi para wirausaha wanita yang bertajuk "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya".

"Kami memiliki tiga pilar yaitu 'three zero', yaitu zero carbon emission, zero waste, dan zero barrier. Pelatihan kolaborasi ini untuk mengurangi hambatan bagi para perempuan," kata Chief of Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho dalam diskusi bersama media secara virtual, Kamis.

Program itu dirancang agar para wirausaha perempuan bisa memahami tiga aspek yaitu pemahaman gender dalam wirausaha, perencanaan bisnis, dan pengembangan bisnis sehingga menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan nyaman bagi perempuan.

Baca juga: Gosend luncurkan buku "UMKM Era Digital" di Bali

"Kami percaya kolaborasi ini membantu perempuan Indonesia bangkit dan kuat sehingga bisa berkontribusi pada ekonomi untuk keluarganya maupun secara nasional. Selaras dengan tema Presidensi G20 Indonesia 'Recover together, Recover Stronger'," tambah Shinto.

Lebih lanjut, kolaborasi ini akan dihadirkan kepada mitra-mitra pengusaha wanita yang bergabung dalam ekosistem GoTo sehingga edukasi materi tiga aspek tersebut bisa memberikan dampak positif secara langsung, terutama untuk aspek pemahaman gender dalam wirausaha serta kepemimpinan perempuan dalam bisnis.

Lalu untuk perencanaan bisnis, para peserta pelatihan diharapkan mampu memetakan pasar, menganalisis target pasar, melakukan perencanaan keuangan, hingga membangun bisnis secara berkelanjutan.

Baca juga: Gojek dan Yayasan Bina Wisata Ubud bersinergi dukung UMKM

Sementara untuk aspek terakhir dari segi pengembangan bisnis, para peserta pelatihan akan mendapatkan kelas seputar legalitas usaha serta strategi untuk mengoptimalkan pemasaran digital.

"Kami mendorong kolaborasi ini, terutama digitalisasi UMKM agar produk-produk mereka bisa dipasarkan dengan lebih masif," kata Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA Indra Gunawan.







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gojek gandeng multipihak buat pelatihan digital bagi wirausaha wanita

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022