Bupati Karangasem I Gede Dana membuka secara resmi Loka Sabha ke III Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas di Wantilan Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (2/7/2022).

"Saya berharap Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, ikut serta membangun Karangasem menuju Karangasem yang Prakethi Nadi. Pradnyan, Kertha, Santhi lan Nadi, menuju Karangasem Era Baru. Karangasem yang lebih baik," kata Gede Dana dalam keterangan tertulisnya.

Loka Sabha yang digelar dalam  penyegaran pengurus ini akhirnya memilih Kepengurusan Periode 2022-2027 sebagai Ketua I Ketut Udiana, SH, Sekretaris, I Nyoman Orta Susila, S.Sos dan Bendahara, I Nyoman Mardana Wimbawa, ST. 

Acara dihadiri langsung oleh Ketua Pusat Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas I Ketut Suadnyana, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Swastika, tokoh, pengurus dan anggota sebanyak 600 orang. 

Seluruh undangan merupakan Semeton Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas dari kecamatan se-Kabupaten Karangasem serta perwakilan dari Kabupaten Gianyar, Buleleng hingga Lombok.

Baca juga: Pemkab Karangasem adakan persembahyangan di Pura Luhur Andakasa

Ia berharap pengurus baru yang terbentuk nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Ia pun berharap acara Loka Sabha ini menjadi momentum persatuan, baik internal dan eksternal untuk masyarakat Bali pada umumnya, bersama-sama membangun Karangasem pada khususnya. 

Gede Dana juga berpesan agar pasemetonan tersebut bisa benar-benar berbakti dengan leluhurnya, bersama-sama menjaga keajegan Bali. Tidak ada maksud mengotakkotakan  pasemetonan, tetapi benar benar menyadarkan para semeton agar menghargai sejarah perjalanan leluhurnya hingga sampai ke Karangasem.

"Jangan mudah terprovokasi oleh isu hoaks. Tetap ngajegang budaya Bali, meski teknologi terus menggempur, tetap pertahankan persatuan Pasemetonan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat I Ketut Suadnyana, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terselenggaranya Loka Sabha ke III Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas  di Kabupaten Karangasem. 

Ketut Suadnyana menyebutkan, barometer keberadaan Pasemetonan yang ada di Bali terletak di Kabupaten Karangasem.

Baca juga: Pemkab Karangasem adakan persembahyangan di Pura Luhur Andakasa

Hal ini dikarenakan dari sejarah, dahulunya pasemetonan Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas  ditugaskan secara khusus oleh Raja untuk memimpin Karangasem.

Untuk itulah bersama-sama Pasemetonan dari seluruh Bali hingga luar Bali yang hadir pada Loka Sabha ini diajak menyatukan tujuan, mendukung serta membantu Pemerintah Kabupaten Karangasem mewujudkan pembangunan,  seperti apa yang diharapkan oleh Bupati Karangasem.

"Saya mengajak seluruh pasemetonan untuk mendukung visi misi pembangunan di Karangasem. Mendukung program pemerintah, bahu membahu membangun Karangasem melaksanakan dharma agama sesuai dengan bishama Bhatara Kawitan masing-masing. Terutama dalam menjaga keajegan Bali dari gempuran pengaruh luar, agar Bali tetap berbudaya," katanya.


Pergelaran budaya

Pameran dan pergelaran budaya serangkaian penutupan Bulang Bung Karno dan HUT Kota Amlapura ke-382 juga telah digelar pemkab setempat pada Kamis (30/6/2022) lalu. 

Acara penutupan yang dimeriahkan oleh band rocker Bali "Lolot Band", tak hanya masyarakat Karangasem namun juga masyarakat dari kabupaten lain di sekitarnya pun tampak antusias memenuhi Taman Budaya Candra Buana, Karangasem. 

Baca juga: Ritual Otonan tandai HUT ke-382 Kota Amlapura-Bali

Grup band Lolot juga mendapatkan penghargaan dari Pemkab Karangasem, setelah  tampil memukau dan berhasil menciptakan kedamaian para penggemarnya.

Penghargaan yang diserahkan langsung Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa  dan Sekda I Ketut Sedana Merta, itu merupakan  penghargaan partisipasi, karena grup band beraliran rock alternatif ini ikut ambil peran dalam memeriahkan HUT Kota Amlapura tahun ini.

Bupati Karangasem Gede Dana menyampaikan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Karangasem atas partisipasinya dalam menyukseskan pertunjukan terakhir gelaran budaya HUT Kota Amlapura tersebut.

"Atas partisipasinya dalam  memeriahkan HUT ke-382 Kota Amlapura, semua pihak yang terlibat kami berikan penghargaan partisipasi, termasuk juga grup band Lolot," kata Gede Dana, didampingi Wabup I Wayan Artha Dipa dan Sekda I Ketut Sedana Merta.

Di sela acara, diserahkan pula bantuan berupa minyak goreng, gula pasir, teh, hand sanitizer dan masker kepada Yayasan Sosial di Karangasem, diantaranya Yayasan Yasa Kerthi, Yayasan Yasika, Yayasan Widhi Asih dan Yayasan Permata hati.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Karangasem, kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya. Pertunjukan band Lolot berjalan sangat aman, lancar damai dan indah," katanya.

Baca juga: Pemkab Karangasem peringati hari jadi dengan tanam pohon

Menurut dia, ini semua berkat partisipasi puluhan ribu penonton yang memadati lapangan Taman Budaya Candra Buana. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih untuk para pedagang, UMKM dan seluruh pihak yang sudah ikut memeriahkan serta mensukseskan pagelaran budaya dalam rangka Bulan Bung Karno dan HUT ke-382 Kota Amlapura," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022