Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov siap menghadiri pertemuan para menlu negara-negara G20 di Bali pekan depan, kata pejabat kedutaan besar Rusia di Indonesia, Selasa.

Juru bicara kedubes Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin, kepada Reuters memastikan bahwa Lavrov akan mengikuti pertemuan tingkat menteri luar itu, yang akan berlangsung pada 7-8 Juli.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI belum dapat memastikan kebenaran kabar itu.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai "operasi khusus", telah membayangi ajang G20 tahun ini.

Beberapa negara Barat mengancam akan memboikot pertemuan para pemimpin G20 kalau Presiden Rusia Vladimir Putin hadir pada pertemuan itu.

Baca juga: Akademisi UI : G20 jadi momentum Indonesia ciptakan perdamaian dunia

Partisipasi Rusia pada acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan.

Di antara ketegangan yang mengemuka adalah ketika para pejabat Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada melakukan aksi walkout ketika pertemuan ekonomi G20 berlangsung pada April.

Indonesia, sebagai ketua G20, selama ini berupaya untuk mempersatukan para anggota G20 dan telah mengundang pemimpin Rusia maupun Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan presiden Ukraina serta Rusia selama lawatannya ke Kiev dan Moskow pekan ini dengan membawa misi membangun perdamaian.

Selama kunjungan itu, Jokowi juga berharap bisa membicarakan upaya membuka ekspor gandum.

Jokowi pada Selasa berada di Polandia dan akan berangkat dengan kereta api ke Kiev, menurut pernyataan kantor kepresidenan RI.

Baca juga: Menkopolhukam benarkan Presiden Jokowi akan temui Putin di Moskow

KTT G7
Sebelumnya, Minggu pagi, Presiden Joko Widodo bertolak ke Jerman untuk menghadiri KTT G7 atau G7 Summit for Partner Countries yang digelar di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022, termasuk membahas solusi untuk krisis pangan dan energi dunia.

Saat memberikan keterangan pers terkait kunjungan kerja ke luar negeri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, dia menjelaskan, dalam pertemuan itu, Indonesia diundang sebagai negara mitra dalam KTT G7 dan sebagai ketua G20.

"Yang pertama, akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini adalah sebagai negara mitra dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai Ketua Presidensi G20," kata dia, dalam keterangan pers yang disaksikan secara virtual dari Jakarta, Minggu.

Adapun masalah pangan dan rantai pasokan menjadi salah satu pembahasan dalam KTT G7 itu. "Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia," kata dia.'

Selain mengikuti KTT, dia juga akan melakukan pertemuan-pertemuan bilateral dengan para pimpinan negara-negara anggota G7 dan negara mitra lain yang turut hadir.
Indonesia bersama India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan menerima undangan untuk menghadiri pertemuan itu.

Baca juga: Sidang kedua ETWG fokus penyusunan "Bali Common Principles"

Ia menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu, negara-negara peserta G7 juga akan mendorong perdamaian di Ukraina dan Rusia, dan juga mengakui solusi atas perang antara Rusia-Ukraina memang tidak mudah. Oleh karena itu, Indonesia pun akan mengajak Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, membuka ruang dialog.

Setelah menghadiri KTT G7, Jokowi dan rombongan dijadwalkan menyambangi Zelenskyy dan Putin secara terpisah di Kiev dan Moskow untuk meminta agar perang dihentikan, demi membangun perdamaian dunia.

"Dengan misi yang sama, saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," kata dia.

Jika biasanya keberangkatan presiden dan petinggi lain dilaksanakan dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur maka sejak beberapa waktu lalu dialihkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta karena landas pacu dan beberapa instalasi lain pangkalan udara TNI AU itu sedang direnovasi secara mendasar. 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu Rusia akan hadiri pertemuan menlu G20 di Bali
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Joko Widodo akan dorong G7 cari solusi krisis pangan-energi

Pewarta: Tia Mutiasari/Mentari Dwi Gayati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022