Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Bali, menggelar Posyandu Paripurna di Banjar Prajasari, Kelurahan Peguyangan, Kota Denpasar untuk memadukan layanan kesehatan berbasis masyarakat bagi kelompok balita, ibu hamil, dan lanjut usia.

"Kami juga bersinergi dengan Dinas Kesehatan dalam pemberian pendampingan kesehatan secara rutin selama tiga bulan di masing-masing lokasi posyandu," kata Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara di sela-sela pelaksanaan posyandu di Denpasar, Selasa.

Selain itu, kata dia, kegiatan Posyandu Paripurna juga didukung pola integrasi layanan Bina Keluarga Balita (BKB), yang di dalamnya mencakup pembinaan kesehatan untuk keluarga.

Baca juga: PKK Denpasar sosialisasikan pola asuh anak di era digital

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan bantuan pemberian makan tambahan (PMT) bagi balita dan ibu hamil.

"Kemudian untuk lansia diberikan pendampingan PMT, layanan senam bugar, edukasi kesehatan serta deteksi penyakit tidak menular agar tetap membuat lansia sehat dan berdaya," ujarnya.

Istri orang nomor satu di Kota Denpasar itu sekaligus meminta para peserta posyandu untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali dr Ni Luh Gede Sukardiasih yang hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, kegiatan Posyandu Paripurna 2022 ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 yang puncak acaranya akan digelar di Medan pada 29 Juni mendatang.

Baca juga: PKK Denpasar gencar bentuk bank sampah

"Kami mendukung penuh kegiatan ini karena Posyandu Paripurna ini lengkap mencakup semua lapisan usia. Balita, remaja, ibu hamil, dan lansia," ucap wanita yang biasa disapa dr Luhde itu.

Posyandu Paripurna, menurut dia, juga sebagai salah satu upaya pencegahan stunting untuk menyiapkan generasi emas tahun 2044.

Dalam Posyandu Paripurna yang digelar TP PKK Kota Denpasar ini juga dibagikan paket berupa biskuit balita dan ibu hamil mendapatkan bantuan dari TP PKK Provinsi Bali.

Selain itu bantuan pembagian makanan tambahan (PMT) matang dan mentah serta vitamin untuk balita, lansia, dan ibu hamil dari TP PKK Kota Denpasar dan PPNI Kota Denpasar. Selain itu bantuan susu dari BKKBN Provinsi Bali.

Baca juga: Ketua PKK Bali ajak seluruh kader bantu pendataan disabilitas

Turut hadir dalam kegiatan tersebut istri Wakil Wali Kkota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, Kepala Dinas DP3AP2KB I Gusti Agung Sri Wetrawati, dan Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PKK Denpasar padukan layanan dalam Posyandu Paripurna

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022