Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mengadakan bazar pangan di Lapangan Arga Coka, Kelurahan Sesetan, untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau, menjelang perayaan Hari Suci Galungan pada 8 Juni 2022.

"Tujuan bazar pangan ini untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga yang terjangkau, khususnya menjelang hari besar keagamaan," kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa di Denpasar, Selasa.

Dalam bazar pangan itu, di antaranya minyak goreng curah dijual Rp15.500 per liter, sementara harga eceran tertinggi (HET) di pasaran Rp16.000 per liter. Sedangkan harga bahan kebutuhan pokok yang lain dijual dengan kisaran 10-15 persen lebih murah dibandingkan di pasaran.

Baca juga: Jelang Galungan, Disperindag Denpasar pantau pasar rakyat

Menurut Suryawan, kegiatan bazar pangan maupun operasi pasar bekerja sama dengan distributor besar bahan pokok itu ke depannya akan terus dilakukan sebagai langkah antisipasi dan pengendalian harga pasar.

Sementara itu, istri Wakil Wali Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa saat meninjau kegiatan bazar pangan mengatakan kegiatan ini tentunya dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Selain itu,  juga dapat menekan laju inflasi harga kebutuhan bahan pokok yang ada di pasar," ujarnya.

Baca juga: Warga Denpasar adakan Tradisi Mecandu saat Umanis Galungan

Wulan salah satu pedagang gula dan ikan menyampaikan pihaknya mendapatkan harga subsidi dari distributor untuk kegiatan ini sehingga bisa menjual dengan harga lebih murah.

"Saya turut senang karena selain barang dagangan banyak laku, dapat membantu sesama untuk mendapatkan bahan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau," ujarnya.

Acara bazar pangan tersebut juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Bali Ni Wayan Sari Galung dan Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022